Ratib Al-Haddad : Bacaan serta Fadilah membacanya disertai Teks arabnya

Posting Komentar

 


    Dalam bahasa arab istilah Ratib ialah sesuatu yang disusun maupun di atur, sedangkan ratib yang kita bahas ini mengacu pada Rangkaian zikir – zikir, puji – pujian, Do’a serta Munajat kepada Allah SWT yang tersusun apik dan teratur sedemikian rupa dan di baca secara rutin.

 

    Sumber dari rangkaian zikir – zikir tersebut berasal dari Gubahan penyusun Ratib, AS – Sunnah, maupun AL-Quran. Penyusun Ratib menyusun sesuai urutan – urutan mana yang harus dibaca terlebih dahulu dan selanjutnya, serta membuat ketentuan pengulangan mana yang harus baca beberapa kali. Bisa 3 kali atau 7 sampai sepuluh kali

 

    Setelah Rangkaian Ratib tersusun semua kemudian diamalkan atau dilafadz kan rangkaian – rangkaian Ratibnya secara periodic, dan mengajarkan ke Murid – murid pengarang Ratib tersebut serta waktu – waktu membaca amalan RAtib nya.

 

Sejarah RAtibul Al Haddad

 

    Ratib AL Haddad dikarang oleh  AL- Habib Abdullah bin Alwi bin Muhammad Al-Haddad, Beliau Masyhur di Negeri Yaman. Al-Haddad sendiri ialah sebuah Marga yang Terkenal di Yaman.


    Banyak karya – karya Ratib beliau yang lain akan tetapi yang paling terkenal ialah Ratibul Al – Haddad yang masyhur. AL- Habib Abdullah bin Alwi bin Muhammad Al-Haddad diperkirakan hidup pada tahun 1000 Hijriyah menurut sumber yang mimin baca Ratibul AL-Haddad disusun berdasarkan inspirasi pada malam Lailatul Qadar 27 Ramadhan 1071 H.


    Beberapa sumber menyebutkan RAtibul Al-Haddad ini disusun oleh AL- Habib Abdullah bin Alwi bin Muhammad Al-Haddad untuk memenuhi permintaan dari murid beliau yang tinggal di Syibam (Perkampungan di Yaman). Permintaan Murid beliau ini sebagai pertahanan diri dan penyelamatan diri dari ajaran sesat yang sedang melanda Hadromaut ketika itu.


    Ratib karya beliau semakin Masyhur  ketika AL- Habib Abdullah bin Alwi bin Muhammad Al-Haddad pindah ke Mekkah dan Madinah serta beliau mengajarkannya disana. AKhirnya sampai sekarang Ratib ini sangat masyhur di seluruh Dunia.

 

Fadhilah RAtibul Al-Haddad

 

  • Khasiat atau Fadhilah dari membaca RAtibul Al-Haddad ini jika dibaca rutin :
  • Akan menolak bala bencana,
  • Barokah dan Kebaikan di tempat membacanya
  • Terhindar dari hewan buas
  • Khusnul khatimah di akhir hayat

 

وينبغي أن يرتبه كل مرید صادق سيما إن كان صاحب الراتب واسطة له إلى الله تعالى فإن رتبه بعد صلاة العشاء والصبح فذلك هو الاكمل ويكفي ترتيبه في اليوم والليلة مرة والأفضل بعد صلاة العشاء وفى رمضان يقدم هذا الراتب على صلاة العشاء

Sebaiknya seorang murid yang sungguh-sungguh membaca ratib ini, terlebih ketika penyusun ratib ini merupakan perantara baginya menuju Allah ta’ala. Membaca ratibul haddad ini setelah shalat isya’ dan subuh adalah cara membaca yang paling sempurna, namun membaca ratib ini satu kali dalam sehari semalam dianggap cukup, yang paling utama dilakukan setelah melaksanakan shalat isya’. Sedangkan di bulan Ramadhan, membaca ratib ini didahulukan dari pelaksanaan shalat isya’”

 (Syekh Abu Bakar bin Ahmad al-Maliabar, al-Imdad bi Syarhi Ratib al-Haddad, Hal. 55).

 

Bacaan RAtibul Al Haddad

Berikut ini adalah bacaan Ratibul Al Haddad versi PDF




 

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter