ANGGUR MUSCAT PRIMADONA BARU ANGGUR

Posting Komentar

 



    Anggur Muscat adalah varietas anggur hijau tanpa biji yang renyah dan harum. Jepang mengembangkannya pada akhir tahun 1980an dan kemudian mengkomersialkannya pada awal tahun 2000an. Tanaman ini tiba-tiba muncul di pasar Tiongkok dalam beberapa tahun terakhir, dan kini budidayanya dilakukan di seluruh Tiongkok.

 

 

Apa itu Anggur Muscat?

Dikenal sebagai 阳光玫瑰 dalam bahasa Cina, Anggur Shine Muscat yang berarti sinar matahari merupakan varietas anggur meja yang terkenal di Cina. Anggur Muscat ini memiliki harga yang tinggi secara eceran dan sekarang menjadi anggur dengan margin keuntungan tertinggi bagi para petani. Meskipun tidak ada angka produksi pasti yang tersedia, diyakini bahwa para petani di Tiongkok menanam tanaman ini 3.000 hektar lahan di Shine Muscat.

 

 

Anggur Muscat ini lebih besar dari anggur lainnya dan bentuknya lonjong. Anggur muscat ini ditanam dalam tandan berukuran sedang dan padat. Kulitnya mengkilap, halus, dan kencang. Tergantung pada varietas spesifiknya, warna Anggur Muscat dapat berkisar dari hijau cerah, merah muda, hingga merah. Daging di bawah permukaannya lembut, bening, dan berair. Sebagian besar tanaman ini tidak berbiji, tetapi beberapa varietas Shine Muscat mungkin memiliki biji kecil yang belum berkembang.

 

Tampilannya menyegarkan dan keren. Ini memiliki keasaman rendah dan kandungan gula alami yang tinggi. Anggur Muscat istimewa ini mencapai puncaknya pada bulan Agustus dan September tetapi dipanen dari bulan Juli hingga Desember.

 

 

Karakteristik Anggur Muscat

Anggur Muscat adalah varietas anggur yang relatif baru yang memiliki kulit tipis dan tidak memiliki rasa sepat. Teksturnya yang renyah dan aromanya yang menyegarkan menjadikannya berbeda dari varietas lainnya. Khususnya, kaum muda menyukai karakteristik Anggur Muscat karena teksturnya, dan kemudahannya dalam memakan seluruh kulitnya.

 

Memiliki kandungan gula rata-rata 17,0 pada peringkat produk unggulan. Anggur ini merupakan sumber serat yang bagus untuk merangsang saluran pencernaan. Ini juga mengandung Vitamin C, yang mengurangi peradangan, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan produksi kolagen di dalam kulit.

 

Anggur mahal ini juga mengandung potasium yang membantu menyeimbangkan kadar cairan dan mineral lain seperti zat besi, magnesium, dan kalsium, serta vitamin seperti B6 dan K. Anggur ini biasanya digunakan untuk membuat anggur manis yang ringan dan aromatik.

 

CitaRasa Anggur Muscat

Meskipun anggur Muscat diberi vinifikasi, anggur tersebut memiliki aroma mangga, mawar pantai, melati, jeruk keprok, leci, dan bunga jeruk yang kuat. Ini meninggalkan aroma tropis yang mirip dengan rempah-rempah yang lebih manis dan aroma buah jeruk zesty. Meski sering disajikan dengan kue, rasa manisnya yang alami membuatnya cocok untuk dinikmati di sore hari.

 


 

Rasa unik dari varietas anggur ini termasuk rasa mangga. Warna wine Shine Muscat berwarna hijau kekuningan dan memiliki rasa musky tetapi tanpa rasa asam.

 

Daerah yang Dikenal dengan Kilau Muscat

Muscat adalah salah satu varietas anggur tertua di dunia. Ini banyak dibudidayakan di Cina dan Korea.

 

Tanaman anggur tersebut kemudian dikawinkan silang oleh para pemulia untuk menghasilkan kultivar baru dengan karakteristik pertumbuhan, rasa, dan ketahanan terhadap penyakit yang lebih baik. Shine Muscat memasuki pasar Tiongkok dan Jepang pada tahun 2006. Anggur ini segera menjadi populer dan menjadi salah satu anggur meja paling populer di Tiongkok.

 

Saat ini, jenis Anggur Muscat ini banyak ditanam di prefektur Okayama dan Nagano. Mereka juga dibudidayakan di Tiongkok dan diimpor ke Taiwan dan Hong Kong.

 

 

Di luar Jepang, Korea merupakan produsen buah Anggur Muscat terbesar. Varietas ini dijual di Thailand, Malaysia, Hong Kong, dan Vietnam. Gyeongsan, Gimcheon, Yeongcheon, Gyeongju, dan Sangju adalah kawasan Anggur Muscat paling terkenal di Korea. Itu juga ditanam di banyak wilayah di Cina.

 

 

Bagaimana Shine Muscat Dibuat?

Proses pembuatan anggur telah berlangsung selama ribuan tahun. Bukan sekedar seni saja, namun banyak ilmu pengetahuan yang terlibat di dalamnya. Kesalahan sekecil apa pun bisa berdampak besar. Proses pembuatan anggur Shine Muscat melibatkan lima langkah, mari kita lihat secara detail:

 

Pemanenan : Anggur mengandung semua tanin, asam, dan ester yang dibutuhkan untuk membuat anggur menjadi lezat. Waktu panen menentukan keasaman, rasa, dan manisnya bahan anggur Shine Muscat yang memberikan keseimbangan sempurna. Cuaca juga memainkan peran penting dalam proses ini. Buah anggur dipetik dengan tangan atau dipetik dengan mesin dari kebun anggur Shine Muscat dan dibawa ke kilang anggur. Di sana, mereka disortir dalam tandan, dan semua buah anggur yang kurang matang atau busuk dibuang.

Penghancuran : Setelah disortir, buah anggur dikupas dan dihancurkan. Biasanya, alat pengepres mekanis menghancurkan buah anggur hingga menjadi suatu 'keharusan'. Ini mengandung padatan dari buah anggur. Kulit dan bijinya (jika ada) dibuang selama proses ini agar tidak mempengaruhi warna anggur.

Fermentasi : Proses fermentasi dimulai secara alami dalam waktu 6 hingga 12 jam setelah ragi liar ditambahkan ke dalam must. Banyak pembuat anggur juga menambahkan ragi hasil budidaya untuk memastikan konsistensi dan hasil. Proses ini dihentikan di tengah-tengah untuk mencegah seluruh gula berubah.

Klarifikasi : Dalam proses ini, tanin, ragi mati, dan protein dikeluarkan dari anggur. Terkadang, zat ditambahkan untuk proses penghalusan, dan filter digunakan untuk menangkap partikel yang lebih besar. Anggur kemudian dipindahkan ke tangki lain untuk dibotolkan dan dituakan.

Penuaan dan Pembotolan : Anggur kemudian dibotolkan atau disimpan dalam baja tahan karat untuk penuaan.


Sejarah Cemerlang Muscat

Berasal dari Mediterania, anggur Muscat dianggap sebagai varietas tertua di Dunia. Pembuat anggur telah membudidayakan anggur ini selama 3000 tahun. Seiring berjalannya waktu, tanaman merambat ini menyebar ke Asia melalui jalur sutra. Korea dan Cina mulai membudidayakannya secara luas. Pada akhir abad ke-19, tanaman anggur ini pertama kali diimpor ke Jepang pada era Meiji.

 


Di sini, banyak peternak swasta dan pemerintah mengawinkan silangkan mereka untuk menghasilkan banyak pembudidaya baru. Itu dilakukan untuk meningkatkan statistik pertumbuhan, rasa dan membuat mereka tahan terhadap penyakit.

 

Sejarah Shine Muscat dimulai pada tahun 2006 ketika dirilis di pasar Jepang dan Tiongkok dan segera menjadi salah satu anggur meja paling populer di Tiongkok. Di Jepang, Okayama dan Nagano menanam sebagian besar anggur Shine Muscat. Mereka juga dibudidayakan di Tiongkok dan diimpor ke Taiwan dan Hong Kong.

 

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter