Penyebab telur murai batu tidak terbuahi

 


    Salah satu permasalahan pada indukan murai batu yang sudah berjodoh adalah indukan murai betina bertelur, akan tetapi tidak menetas. Berikut ini artikel penyebab-penyebab telur murai batu infertile. Let’s Cekidot…

 

Ciri-ciri telur murai batu tidak menetas (ZONK) :

  • Sudah di erami 2 minggu tapi belum ada tanda menetas(cangkang telur dibawah)
  • Hasil peneropongan telur bening
  • Di erami 2 minggu tapi telur di buang oleh indukan


Faktor-faktor yang menyebabkan telur Murai batu Zonk :

Usia indukan masih muda

    Pemilihan indukan usahakan carai yang sudah 2x mabung (jantan 1,5 tahun betina 1 tahun). Hal ini penting karena menentukan kematangan tingkat sperma dan ovum nanti. Pemilihan indukan usia muda rentan KDRT dan telur infertile.  

Faktor Cuaca Ekstrim

    Kondisi cuaca panas atau hujan deras bisa menyebabkan telur gagal menetas. Murai betina ketika mengerami pada kondisi terlalu panas atau terlalu dingin akan mempengaruhi kondisi telur yang di erami.

Murai batu jantan tidak kawin

    Kenapa bisa tejadi murai sudah jodoh tapi tidak kawin? Bisa disebabkan karena birahi tidak sama, terkadang jantannya birahi dulu baru kemudian Betina atau sebaliknya. Tanda jantan birahi itu bagaimana? Jantan birahi ditunjukkan dengan bulu mengembang, jarang bunyi, gerakannya terbatas dan sering mengeluarkan suara merayu betina. Bagi pemula sekilas kondisi seperti ini seperti murai sedang sakit.


Baca juga : Kriteria murai batu layak dijodohkan


Sedangkan ciri Murai Betina birahi adalah murai betina sering di bawah mencari pakan /sumber kalsium (bisa di dapat dari tulang sotong) dan untuk mencari bahan sarang. Fungsi kalsium ini untuk membentuk cangkang.Ciri lain adalah bulu putih di atas ekor itu jegrik, ciri utama yang umum di tunjukkan dengan ngleper.


Pada saat membuat tempat/ kandang murai usahakan buat tenggaran(tangkringan) yang jaraknya tidak terlalu jauh, supaya ketika murai batu kawin mudah penetrasinya.

 

Murai terpantau kawin tapi telur tidak menetas (ZONK)

    Hal ini bisa disebabkan karena sperma jantan kurang bagus.

Faktor apa yang menyebabkan hal tersebut?

Pemberian pakan terlalu banyak Jantan menjadi terlalu gemuk(ngelemak; adanya timbunan lemak di bagian dada sampai perut), hal tersebut membuat sperma menjadi tidak berkualitas. Solusi perawatanya jemur 2 minggu kurangi pemberian Extrafooding yang berpotensi membuat timbunan lemak seperti ulat hongkong, Umbar di kandang umbaran , jemur dari jam 6 pagi sampai 10 pagi.

Baca juga : Jenis-jenis Extrafooding pendongkrak birahi

Setelah treatment di atas bisa langsung di masukkan ke kandang tangkar lagi. Sebelumnya jangan lupa di kasih extafooding penambah birahi seperti kroto, cacing anc .



Sekian Tips dari kami, semoga bermanfaat dan sukses untuk ternak murai batu nya.

 


Related Posts

Subscribe Our Newsletter