Masalah pada ternak murai batu


Kenapa induk buang telur? Kenapa induk makan telur? Kenapa induk buang cindil?


Perlu diketahui induk buang telur sering dialami pemula karena sering melihat kondisi glodok/tempat mengeram.Alih-alih senang karena murai nya sudah proses mengeram. Saat-saat seperti itupun di alami oleh admin sendiri, hehehehe... 

    Murai betina bertelur pertama kali sangat sensitif jadi jangan dilihat langsung. Jika waktu pagi betina masih diglodok/tempat mengeram berarti sudah bertelur/ sedang mengerami telur. Ada betina yang karakter santai saja ketika ada yang melihat saat betina mengeram, ada pula yang ekstrim di lihat sedikit langsung 4jam kemudian telur di buang.

sebaiknya pilih waktu yang tepat untuk melihat kondisi telur, bisa saat indukan keluar sarang/waktu makan, atau bisa dibuat kan glodok di pinggir kandang di buat kan akses untuk mengintip kondisi glodok.

                                            sumber foto : facebook.com

Jika Betina makan telur apa faktor penyebabnya ?

Bisa di karena kan murai betina kurang asupan kalsium, telur akan dimakan. Pada proses bertelur murai batu betina butuh asupan kalsium. Berikan extrafooding dan vitamin penambah kalsium.


Baca juga : Extrafooding Cacing Anc 


Pada Betina muda(perawan, hehehe) bisa terjadu buang anak, di karenakan induk muda belum pintr dalam rawat anakan, setelah berumur kondisi indukan akan pengalaman merawat anakan. Piyikan dibuang bisa juga karena ada predator/ hewan pengganggu seperti tikus, kucing, semut disekitar kandang. Usahakan sebelum  menaru glodok semprot kandang dengan anti semut, bisa di beli di toko peternakan

jika indukan masih buang piyikan, bisa jadi indukan memang berkarakter keras. Solusi bisa jangan sering berinteraksi di dalam kandang, pemerian pakan usahakan pagi saja tapi full Extrafooding. Jika di rasa perlu ganti indukan betina/ jantan yang baru.

 

Sekian sharing kami, Semoga bermanfaat


Related Posts

Subscribe Our Newsletter