IKAN RUCAH PAKAN ALTERNATIF CRAWFISH/ CRAYFISH

Posting Komentar

 



Terkadang para pembudidaya Crawfish / Crayfish (Lobster airtawar ) kebingungan mencari pakan alternative untuk Crawfish / Crayfish (Lobster airtawar ) mereka, kali ini mimin akan menshare pakan alternative yang murah dan tentu saja mengandung protein yg baik untuk Crawfish / Crayfish (Lobster airtawar ).

Ikan rucah mungkin baru dengar dengan istilah ini. Ikan rucah bukanlah nama Spesies ikan akan tetapi bisa diartikan ikan bernilai rendah. 

Seiring berkembangnya jaman Ikan rucah ini bergeser penggunaannya, tidak sedikit ikan rucah diproses jadi produk yang bernilai tinggi.

Dalam bahasa Inggris  Ikan rucah biasa disebut sebagai hasil sampingan ,ikan sampah, / trash fish penyebutan ini dikarenakan perolehan bukan sebagai sisa hasil tangkapan. Ikan rucah ini juga umum digunakan sebagai pakan peternakan babi tradisional.

Tidak hanya Ikan , moluska, krustasea, dan echinoid termasuk dalam sebutan ikan rucah.

 

Sebagai Pakan Crawfish / Crayfish (Lobster airtawar )

Dialam liar Crawfish / Crayfish (Lobster airtawar ) biasa memakan zooplankton, krill, hewan feeder filter, ikan larva/ lkan-ikan kecil yang mengandung banyak protein.

Pembudidaya crawfish / Crayfish (Lobster airtawar )  merupakan pembudidaya yang kerap menggunakan ikan rucah sebagai pakan. Pakan ikan rucah terkadang disajikan secara langsung pada rawfish / Crayfish (Lobster airtawar ). Jenis Ikan rucah yang diberikan antaralain mujaer dll 

Tingginya protein pada ikan rucah memberikan nilai penting pada budidaya Crawfish / Crayfish (Lobster airtawar )

 

Pemberian pakan

Tentunya pemberian pakan berupa ikan rucah ini tidak setiap hari, dikarenakan jika kita memberikan pakan ini setiap hari Pecahan remahan ikan rucah ini akan mencemari air dalam kolam budidaya kita dan pasti akan cepat terbentuk amoniak. 

Baiknya pemberian ikan rucah untuk Crawfish / Crayfish (Lobster airtawar )  dilakukan 3 hari sekali diselingi dengan pemberian pakan nabati. Pemberian pakan baiknya di waktu malam hari dan diletakkan pada wadah dikarenakan Crawfish / Crayfish (Lobster airtawar ) merupakan hewan nocturnal .

 

Kadar Gizi Ikan Rucah

Ikan yang murah ini memiliki kandungan banyak gizi diantaranya abu 27.89%, lemak kasar 6.54%, serat 1.64% dan protein 58.97% kebutuhan untuk Crawfish / Crayfish (Lobster airtawar ) dapat dipenuhi oleh ikan rucah ini selain dari harga nya yang murah.

 

Harga ikan rucah

Harga ikan rucah bisa berbeda-beda di tiap daerah. Ikan rucah basah basah biasa di hargai 3.500/ Kg Ikan rucah ini bisa di beli di pelelangan ikan atau pasar ikan terdekat di daerah masing-masing

 

Demikian informasi yang berhasil mimin rangkum. Semoga membantu

 

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter