Tips perawatan indukan murai batu mabung


 

     Mabung/ molting  merupakan proses alamiah burung yang sudah di pelihara atau di tangkar.

    Mabung pada burung yang ditangkar terjadi setahun dua kali bahkan ada yang setahun hanya sekali mengalami proses mabung. Selama proses mabung burung yang di tangkar bisa produksi akan tetapi performa menurun, begitu pula dengan burung di sangkar gantung. Konsumsi pakan hanya untuk memenuhi pertumbuhan bulu, burung mabung membutuhkan asupan protein dan kalsium yg tinggi.

 

    Jika indukan betina siklus bertelurnya bagus bulu sudah rusak masih saja bertelur dan mengeram, ini juga masih banyak terjadi. Akan tetapi juga ada betina yang baru rontok  satu dua helai bulu sayap sudah tidak mau bertelur.

 

Baca juga : Jenis-jenisExtrafooding

 

    Perawatan yang baik akan mempercepat proses mabung. Pemberian pakan kalau bisa ditingkatkan ExtraFooding nya. Juga kebersihan kandang karena selama mabung burung mengalami penurunan performa sehingga mudah sakit. Hindari melakukan penjemuran.Berikan potongan daun pandan atau kulit jeruk di dalam sangkar, agar mempercepat proses mabung.

  

    Baca juga : Penyakit pada trotol murai batu

    

    Setelah bulu ekor lepas pakan harus ditingkatkan kandungan protein dan kalsium. Cacing Anc, ikan cere/gatul bisa diberikan bergantian. Untuk jantan selama mabung ini sangat bagus ditempel burung master karena selama mabung jantan akan banyak diam waktu inilah yang tepat untuk menambah suara isian murai batu.

 

    

Burung yang telah mabung bisa merontokkan bulu lagi, disebabkan pemberian pakan yang terlalu banyak mengandung protein dan kalsium yang tinggi.

 

Sekian info singkat dari kami..

Bila ada yang di pertanyakan tulis di kolom komentar.

Terima kasih


Related Posts

Subscribe Our Newsletter