Bismillahillazi la yadurru Ma'asmihi - Do'a perlindungan dari kejahatan dan bahaya

Posting Komentar

 Di Artikel kali ini kita akan membahas tentang lafadz/ Doa Bismillahi Ladhi La Yadurru Ma'asmihi. Kita akan mempelajari arti dari Doa Bismillahi Ladhi La Yadurru Ma'asmihi yang kuat dan termasuk doa yang singkat . Yuk kita semak..

 

Bismillahil ladhi la yadurru ma'as-mihi

Dalam bahasa Indonesia Bismillahi Ladhi La Yadurru Ma'asmihi artinya ialah Dengan Nama Allah, Yang dengan Nama-Nya tidak ada sesuatu pun yang dapat membahayakan di bumi maupun di langit, dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

 

Dan jika dalam teks bahasa Arab Bismillahi Ladhi La Yadurru Ma'asmihi ditulis sebagai berikut :

 

بِسْمِ اللهِ الَّذِي لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

 

Bismillahil ladhi la yadurru ma'asmihi shai'un fil ardi wa lafis-sama'i, wa Huwas-Sami'ul-Alim.

 

 

Hadist tentang Bismillahi Ladhi La Yadurru Ma'asmihi

 

 

Sayidina Utsman bin Affan mengabarkan bahwasannya: Rasulullah SAW bersabda,

 

Dia yang membaca tiga kali setiap pagi dan sore: Bismillahil ladhi la yadurru ma'as-mihi shai'un fil-ardi wa lafis-sama'i, wa Huwas-Sami'ul-Alim (Dengan Nama Allah dengan Nama-Nya ada perlindungan terhadap segala jenis bahaya di bumi atau di langit, dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui),' tidak ada yang akan membahayakannya.

 

( Abu Dawud dan At-Tirmidzi )

 

 

Tafsir Do'a Bismillahillazi La Yadurru Ma Asmihi

 

Rasulullah SAW mengatakan bahwa bila membaca zikir yang indah ini tiga kali di pagi dan sore hari akan melindungi seseorang dari bahaya, kemalangan, dan tidak ada bencana yang akan menimpanya.

 

Do'a ini diawali dengan kata-kata Dengan menyebut nama Allah "Bismillah",Ini berarti bahwa ada makna yang tersirat di do'a ini, dan ini umum terjadi dimana kita mulai dengan menyebut nama Allah, kita menyiratkan sesuatu yang berkaitan dengan perbuatan, misalnya,

 

sebelum makan kita mengucapkan “Dengan nama Allah(Bismillah)”, maksudnya “Dengan nama Allah aku makan”,

sebelum membaca Al-Qur'an, kita mengatakan "Dengan nama Allah(Bismillah)", menyiratkan "Dengan nama Allah saya membaca."

Ada makna tersirat dalam doa ini, yaitu bahwa kita benar-benar mengatakan, “Dengan nama Allah, aku berlindung.

 

Dalam do'a ini, kita tidak secara langsung meminta perlindungan atau pertolongan dari Allah , melainkan melalui nama-Nya yang indah( Maha Mendengar & Maha Mengetahui ).

 

 

Begitulah keagungan Allah bahwa nama-Nya saja sudah cukup untuk keselamatan.

 

Tidak ada sesuatu pun di muka bumi yang dapat menyakiti kita jika kita dilindungi dengan nama Allah, baik itu manusia, jin, hewan, gadget elektronik, atau apapun. Masyaallah...

 

Tidak ada daya apapun di langit yang dapat menyakitimu jika kamu dilindungi dengan nama Allah, baik itu hujan, angin, petir, atau apa pun.

 

Karena Allah adalah As Sami “ Maha Mendengar ”, Tidak peduli betapa rendahnya suara kalian berdoa bahasa apapun yang kita pakai, ia( Allah ) dapat mendengar semua suara pada saat yang sama.

 

Dia mendengarnya, memahaminya, dan menanggapi jika itu memanggil-Nya.

 

Semua konotasi ini tercakup dalam nama As Sami.

 

Allah adalah Al Aliim “ Maha Mengetahui ”, yang artinya Dia ( Allah ) mengetahui segala sesuatu, baik yang tersembunyi maupun yang nyata, masa lalu ataupun masa depan.

 

Itu adalah bentuk perlindungan tidak hanya dari satu hal, itu adalah perlindungan dari segalanya.

 

Nabi Muhammad SAW bersabda, Tidak ada orang yang membaca doa ini setiap pagi, setelah subuh dan setiap sore, sore dimulai dari ashar.

 

Bismillah, dengan nama Allah.

 

Saat kita memulai sesuatu dalam hidup kita, saat kita mulai makan, saat kita mulai minum, saat kita menyalakan mobil, saat kita meninggalkan rumah, saat kita memulai pekerjaan, saat Anda membuka bisnis.

 

Jika Anda menginginkan barokah (keberkahan) pada hari itu Anda memulai sesuatu dengan membaca "Bismillah".

 

Tidak akan ada yang membahayakan sama sekali bila kita membaca "Bismillah" , baik itu dari langit maupun dari bumi.

 

Artinya pada hari itu, jika ada angin topan dari langit, jika ada petir, jika ada hujan deras tidak akan membahayakanmu.

 

Dan tidak ada dari bumi dan di bumi, tidak ada gempa bumi, tidak ada jin, tidak ada setan manusia, tidak ada makanan berbahaya, tidak ada kecelakaan, tidak ada yang akan merugikan kita.

 

"Lam yaddrruhu shaiyn"

 

Tidak ada yang akan menyakitinya. Tidak ada kerugian yang akan terjadi pada orang itu.

 

Dalam riwayat lain, Nabi SAW bersabda : Tidak ada musibah yang tiba-tiba terjadi pada hari itu atau malam itu.

 

Tidak ada serangan jantung.

 

Tiga kali, cakupan penuh 30 detik.

 

Semakin dalam kepastian, yaqin di hatimu, semakin tinggi perlindungannya.

 

Apa saja yang kita dengar, dan itu 100% asli dari Nabi SAW, maka Anda harus menerimanya. 

 

Katakanlah setiap hari dan setiap malam dengan pasti, dengan yaqin yang lengkap, bahwa kamu akan mendapatkan perlindungan Allah dan kamu akan melihat hasilnya.

 

Semoga Allah melindungi kita semua.

 

 

Nama Allah itu agung, jadi ucapkanlah sebelum memulai tindakan penting apa pun, seperti ibadah, meninggalkan rumah, atau memulai tugas.

 

Saat mengucapkan doa ini, pastikan hati Anda hadir, bahwa Anda rendah hati, dan bahwa Anda menyebut nama-nama Allah yang paling indah.

 

Sadarilah keagungan Yang Mahakuasa sehingga Anda benar-benar dapat mengambil manfaat dari doa ini.

 

Pastikan Kita merenungkan nama-nama Allah, karena Allah adalah " Maha Mendengar ", jadi Dia mendengar Anda saat Anda membaca doa ini, dan Dia adalah "Maha Mengetahui ", jadi Dia tahu kebutuhan Anda saat Anda membaca doa ini.

 

Imam Al-Qurtubi mengatakan “ini adalah narasi yang otentik, dan pernyataan yang benar berdasarkan bukti dan pengalaman tekstual.

 

Sejak saya mendengarnya, saya telah mengambil tindakan pencegahan untuk memastikan tidak ada yang membahayakan saya sampai saya meninggalkannya. Ketika saya disengat kalajengking di malam hari, saya menyadari bahwa saya lupa mengulangi doa ini malam itu.

 

wallahualam bishawab

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter