Extrafooding Ulat Hongkong

 

  

  Banyak orang berpendapat ulat Hongkong menyebabkan mata katarak hal ini kurang tepat. Pada Burung murai jarang terjadi mata katarak, kalau pun itu terjadi karena disebabkan bakteri karena mata sering digesekkan ketangkringan yang menyebabkan iritasi bakteri menjadi luka dan infeksi. 

    Pada burung-burung kecil seperti ciblek prenjak dan pentet memang pemberian yang terus menerus bisa mengakibatkan mata katarak. 

    Pemberian pada murai, mempunyai kandungan lemak yg tinggi membuat stamina burung lebih fit dan burung menjadi rajin bunyi. Ulat Hongkong pada induk bisa diberikan seminggu 2x, pemberian pada sore hari. Pada kondisi cuaca hujan dan dingin bisa diberikan sehari 3 ekor ulat hongkong. Agar burung paginya itu sehat gesit dan tidak ngembang.

    Ulat Hongkong yang diberikan pada induk murai betina yang sedang ngeram membuat pengeraman induk jadi hangat pada saat mengeram. 

    Ulat Hongkong juga bagus untuk loloh pertama pada anak murai batu , karena kandungan lemak yg tinggi bisa membuat suhu tubuh anak tetap stabil dan anak menjadi gemuk sehat. 

    Untuk murai lomba bisa diberikan 1 jam sebelum mau lomba, Burung lomba akan merasa senang dan nyaman makan ulat Hongkong. Karena kandungan lemak dan protein yg tinggi membuat efek stamina yg strong dan rajin bunyi. di usahakan pemberian ulat hongkong yang baru ganti kulit( warna masih putih). 

    Penting! jangan terlalu banyak memberikan ulat hongkong untuk pakan harian, karena menyebabkan ngelemak pada burung.


Jangan lupa share ke teman-teman kicau yach...

sumber : AW

Related Posts

Subscribe Our Newsletter