Extrafooding jangkrik untuk burung serta cara merawat jangkrik

 

                                                      Sumber foto :pinhome.id

  

  Selain Voer, jangkrik merupakan makanan pokok untuk murai bukan lagi ExtraFooding. Induk murai batu sangat butuh jangkrik untuk menjaga stamina tubuh, burung jadi gesit lincah gacor. Burung yg kurang jangkrik kelihatan lesu dan males.

    Jangkrik memiliki kandungan lemak lumayan tinggi (5,5 gram lemak). Sehingga burung kalau di beri jangkrik berlebihan lama kelamaan menyebabkan ngelemak. Kalau jantan berlemak berpengaruh pada kualitas sperma . Jika pada Murai betina berlemak menyebabkan susah bertelur. Untuk burung lomba durasi kerja di lapangan melemah.

Pemberian jangkrik pada burung kicau

Pemberian jangkrik pada burung kicau sebaiknya pada kondisi hidup dan segar. Jangan berikan jangkrik yang mati, hal ini berpengaruh pada kesehatan burung kesayangan kita.

Jangkrik yang mati berpotensi membawa penyakit , apabila termakan oleh burung kita auto menjadikan burung kesayanagan kita terserang penyakit.

Tempat menaruh jangkrik

Hal sepele satu ini mungkin tak pernah terpikir oleh kita. Layaknya rumah kita apabila kotor pasti banyak bakteri dan virus yang terdapat disekitar, alangkah baiknya kita sediakan tempat yang bersih dan sesuai dengan jumlah jangkrik yang biasa kita beli.

Hal ini bertujuan untuk menjaga jangkrik dalam kondisi sehat dan fresh tidak gampang mati. Terutama untuk jangkrik genggong yang berukuran besar, jangkrik tersebut mudah mati karna tempat yang buruk atau kelebihan makanan.

Pemberian pakan jangkrik

Kenapa harus kita beri makanan pada jangkrik?? Logika sederhana ketika jangkrik kita berikan makanan, makanan tersebut juga akan ikut termakan oleh burung kesayangan kita.

Berikan jangkrik makanan yang mudah didapat seperti jahe,mengkudu, kunyit atau daun-daunan yang mempunyai vitamin seimbang.

Porsi jangkrik untuk ternak

Jangkrik untuk induk harus dibatasi sepasang induk hanya butuh ± 60 ekor sehari. Untuk Murai Lomba Disesuaikan dengan kebiasaan harian.Untuk murai trotol karena trotol masih dalam masa pertumbuhan baiknya di berikan 20 ekor per hari.

    Semoga bermanfaat. Jangan lupa share ke teman kicau kita..

Wassalam

 

Credit : AW

 

Related Posts

Subscribe Our Newsletter