Cara pemberian Extrafooding Kroto

Posting Komentar

Sumber foto : shopee.com

      Kroto merupakan pakan burung yang tinggi protein, lemak dan mineral. Kroto mudah dicerna dan disukai oleh burung. Kroto sangat bagus untuk di campur vitamin maupun suplemen untuk burung kesayangan kita.

    Menurut penelitian, setiap 100 gram kroto terdapat kandungan protein sekitar 8,2 gram, serta lemak dan kalori 2,6 gram. Selain itu, kroto juga mengadung beberapa mineral, seperti zat besi, sodium, pottasium, vitamin B1, vitamin B2, dan niacin.

Kroto sangat cocok diberikan pada burung yang sedang sakit sebab mudah dicerna. 


Beberapa manfaat kroto untuk burung kicauan:

• Membuat dan menjaga kondisi burung agar tetap sehat, singset, dan rajin berkicau.

• Bagi burung yang masih trotolan, atau dalam tahap pemasteran, extrafooding kroto bermanfaat dan membantu perkembangan otak,efeknya burung lebih cepat menangkap dan mudah meniru ocehan burung masterannya. 

• Untuk burung dewasa yang mengalami macet, stres, dan sakit, bulu-bulu mengembang, Berikan EF ini secara rutin tiap hari agar bisa mengatasi masalah tersebut.





Efek Negatif Pemberian kroto terlalu banyak

Terkadang, pemilik burung murai batu memberikan kroto pada burung mereka untuk meningkatkan daya tarik suara burung. Namun, memberikan kroto secara berlebihan dapat berdampak negatif pada burung murai batu. Berikut adalah beberapa efek negatif yang dapat ditimbulkan:


Menyebabkan obesitas

Kroto mengandung banyak lemak dan protein, sehingga memberikan kroto secara berlebihan dapat menyebabkan obesitas pada burung. Burung murai batu yang obesitas memiliki risiko lebih tinggi mengalami berbagai masalah kesehatan, seperti sakit jantung, diabetes, dan masalah pernapasan.


Menyebabkan masalah pencernaan

Pemberian kroto yang berlebihan juga dapat menyebabkan masalah pencernaan pada burung murai batu. Burung dapat mengalami diare, muntah, dan sembelit jika terlalu banyak mengonsumsi kroto.


Menyebabkan kerusakan pada organ dalam

Kroto mengandung asam urat yang dapat menyebabkan kerusakan pada organ dalam burung, terutama ginjal dan hati. Pemberian kroto secara berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan serius pada burung murai batu, bahkan dapat menyebabkan kematian.


Menurunkan kualitas suara burung

Meskipun memberikan kroto pada burung dapat meningkatkan daya tarik suara burung, namun memberikan kroto secara berlebihan dapat menyebabkan suara burung menjadi tidak stabil dan bahkan merusak kualitas suara burung.


Menurunkan nafsu makan

Pemberian kroto secara berlebihan dapat membuat burung murai batu kehilangan nafsu makan. Hal ini dapat menyebabkan burung kekurangan nutrisi dan mengalami penurunan berat badan.


Oleh karena itu, pemilik burung murai batu sebaiknya memberikan kroto dengan bijak dan dalam jumlah yang tepat. Pastikan untuk memberikan pakan lain yang seimbang dan bervariasi, serta memperhatikan kesehatan burung secara keseluruhan.



Cara pemberian kroto pada burung 

Bila kroto ditaruh dalam lemari pendingin/ kulkas, hingga saat sebelum diberikan kepada burung hendaknya kroto dihangatkan dahulu. Dengan demikian, kroto jadi lebih fresh serta tidak gampang berhamburan ataupun acak- acakan kala disantap burung.

Bagikan kroto yang masih berupa kapsul serta larva. Bilas terlebih dahulu memakai saringan buat membuang kotoran yang bisa jadi masih melekat.

Memilih kroto yang masih fresh, bersih, serta tidak berbau( tidak basi). Bila nekat membagikan kroto basi serta berbau, hingga burung berisiko hadapi kendala pencernaan.

Buat tipe burung yang irit kroto, hingga buat mempertahankan keadaan kroto dalam sangkar, dapat dicampur dengan voer halus, tepung kedelai, ataupun tepung jangkrik.

Kerap ditemukan burung mengacak- acak voer. Perihal ini umumnya terjalin akibat seringnya kroto diberikan dengan metode dituang dalam cepuk voer. Buat menjauhi perihal tersebut, hendaknya kroto dimasukkan dalam cepuk terpisah, dengan jatah 1 sendok teh yang diberikan tiap pagi hari, tepatnya sehabis burung dimandikan.

    Pemberian kroto dicampur dengan vitamin membuat jantan birahi yang membuat burung menjadi gacor. Untuk konsumsi lama tidak menimbulkan efek samping, burung tetep jos dan sewaktu penjodohan masuk murai Betina siap kawin. Pemberian kroto sebaiknya pada waktu pagi hari.

Semoga bermanfaat, share ke teman-teman pecinta kicau ya gaes....


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter