PAKAN ULAT KANDANG




    Ulat kandang merupakan larva dari serangga yang menyerupai kumbang, warna hitam kecil. Ulat kandang dengan nama latinnya Alphitobius diaperinus termasuk dalam Famili Tenebrionidae,dalam bahasa inggris ulat ini disebut juga dengan lesser mealworm atau juga the litter beetle. Ulat kandang biasa juga untuk makanan reptile dan ikan, kandungan protein yang tinggi sangat cocok untuk hewan pemakan serangga.

Kandungan Gizi Ulat Kandang

Menurut sumber gizi, kandungan protein kasar yang terdapat pada ulat kandang mencapai 48%, sedangkan untuk kandungan Lemak sejumlah 40%. Kandungan lain yang terdapat pada ulat kandang adalah ekstrak non nitrogen dengan 8% dan kadar air mencapai 57%. 

Habitat ulat kandang

Meskipun habitat berada dibawah kandang ayam atau lebih tepatnya berada pada kotoran ayam bukan berarti pada kotoran ayam yang lembek,akan tetapi kotoran ayam yang sudah kering atau sudah dalam proses fermentasi

Manfaat Ulat Kandang

    Ulat kandang sangat populer di kalangan pecinta burung pemakan serangga sebagai extrafooding alami, dikarenakan mudah didapat  dan mempunyai kandungan gizi setara dengan kandungan gizi dari extrafooding kroto. 

Efek Pemberian Ulat Kandang

    Ulat kandang tidak mempunyai dampak efek samping pada hewan peliharaan kita, meskipun di berikan secara berlebihan. Akan tetapi pemberian pada burung sebaiknya sehari 1 cepuk kecil. Efek yang di peroleh jika burung kita di berikan ulat kendang setiap hari adalah burung jadi rajin bunyi dan gacor dikarenakan asupan protein tercukupi.


Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke teman-teman kicau kita..

Wassalam


Credit Vby


Related Posts

Subscribe Our Newsletter