Manfaat Pemberian cacing burung berkicau

          
                                                                 Sumber foto : shopee.com

  

Cacing merupakan sumber protein dan mineral alami,  Anc merupakan singkatan dari African Night Crawler  cacing ini berasal dari dataran hangat Afrika barat tropis. Cacing Anc berbeda dengan cacing tanah biasa, ukuran cacing jenis ANC ini lebih besar dari cacing tanah biasanya dan pula kandungan yang terdapat dari cacing jenis ANC ini pastinya lebih kaya dari cacing tanah biasanya.

Extrafooding ini termasuk aman menurut para penghobi kicau mania, selain bagus unutk murai batu, EF cacing ini juga bagus untuk burung jenis Anis kembang dan anis merah.

Dihabitat liar burung anis merah dan anis kembang makanan kesukaannya berupa cacing tanah, tak ayal para penghobi anis kembang dan anis merah suka memberikan EF cacing ANC ini. Efek nya membuat burung kita menjadi rajin bunyi .

Kandungan pada cacing

Dari beberapa sumber yang berhasil mimin rangkum cacing mempunyai kandungan protein yang tinggi sekitar 72% protein murni ini bila dibandingkan dengan jenis makanan lain yang berasal dari hewanyang biasanya diberikan pada unggas lebih tinggi dari pemberian ikan teri dan bekicot yang masing-masing mempunyai kadar protein 58-67%.

Maka dari itu jika teman-teman membutuhkan protein untuk burung kesayangannya lebih baik menggunakan protein dari cacing, mudah didapat dan murah meriah.

 

Manfaat Cacing untuk burung

·         Merangsang konsenttrasi dan meningkatkan kecerdasan penangkapan suara burung

·         Efek rileks pada tubuh burung

·         Meningkatkan imunitas pada burung

·         Membuat burung rajin berkicau

·         Memperhalus dan mengilapkan bulu burung

·         Sumber protein bagi bulu burung

·         Menambah birahi pada burung

Efeksamping Cacing ANC untuk burung

·         Kelebihan protein

·         Kerontokan bulu burung

·         Gangguan pada sistem pencernaan

Jenis Cacing yang bagus untuk burung

·         Cacing merah (lumbricus rabbelus)

·         Cacing bayam

·         Cacing tanah ( lumbricus terestris)

·         Cacing fosfor


Jenis-jenis cacing yang haram untuk burung

·         Cacing pita

·         Cacing rambut

·         Cacing gelang

·         Cacing tenggorokan

Pemberian cacing ANC pada burung lebih baik dengan cara di potong-potong agar memudahkan burung peliharaan kita untuk memakannya.

Pemberian cacing ANC di waktu penjodohan terbukti sangat bermanfaat, di penangkaran kami menu wajib ketika masa penjodohan ,setelah kawin, pengeraman dan proses loloh induk wajib di berikan. Takaran yang pas dan timing pemberian pakan cacing Anc merupakan kunci dari suksesnya penangkaran.

Untuk burung lomba pun cacing jenis ini merupakan sebagai Extrafooding penstabil birahi. Dimana waktu burung terlalu over emosi atau nakal bisa di terapi dengan extrafooding jenis ini.

Semoga membantu teman-teman semua. Terima kasih

Related Posts

Subscribe Our Newsletter