Burung Kuau Raja , Karakteristik yang membawa Kepunahan

Posting Komentar

 

Beberapa waktu lalu banyak video di Tiktok tentang penemuan kembali burung Kuau Raja,Yaa.. Burung yang hampir punah ini ditemukan dalam keadaan terjebak oleh perangkap burung. Spekulasi bahwa burung Kuau Raja ini telah punah akhirnya terbantahkan.

 

Kuau Raja

Yuk kita bahas tentang burung Kuau Raja ini

 

Mengenal Karakteristik Burung Kuau Raja

 

Burung Kuau Raja memiliki Nama latin Argusianus argus Linnaeus Nama latin ini diberikan oleh biology swedia Carolus Linnaeus , Nama Argus mempunyai makna sosok raksasa yang bermata seratus dalam mitologi yunani, habitat penyebaran dari burung Kuau Raja terletak pada hutan tropis, seperti di Hutan Sumatera, dan hutan Kalimantan serta disemananjung Malaya.

 

Burung Kuau Raja masuk dalam suku Phasianidae , Burung Kuau Raja memiliki ciri motif dan warna bulu yang unik.

 

Bulunya bercorak bulatan – bulatan sedangkan warna bulunya cokelat cerah disertai bintik keabuan, serta bulu dikepala berwarna birusedangkan ditengkuknya berwarna kehitaman serta kakinya berwarna merah.  Bulu pejantan memiliki panjang antara 120 – 200 cm dengan berat sekitar 3 – 5 kilogram sedangkan bulu dari betina Cuma 60-70 cm.

 


Keunikan Burung Kuau Raja


Pada musim kawin atau musim berkembang biak burung jantan akan memperlihatkan ratusan bulatan di bulunya tadi kepada betina, itulah yang Nampak seperti ratsusan mata kecil. Burung kuau raja jantan akan memamerkan dan mengkipaskan bulunya seperti kipas raksasa dan hampir menutupi kepalanya sendiri.

 

Burung Kuau Raja jantan menganut Poligami atau satu jantan banyak betina, di Alam burung Kuau Raja jantan akan membersihkan daerahnya dari sampah dedaunan atau ranting – ranting pohon atau bahkan batu – batu serta mengeluarkan suaranya yang khas pada pagi hari.

 

Di Habitatnya Burung Kuau Raja Jantan yang akan kawin memiliki daerah teritori seluas 5 – 8 M², daerah Teritori ini dijadikan penjantan sebagai Mating Ring. Mating ring ialah sebutan untuk arena tari yang dibuat oleh burung Kuau Raja jantan sebagai ritual perkawinan.


Kuau Raja adalah diantara 1% dari burung yang menggunakan Mating ring. Cara Lain yang dilakukan pejantan untuk menarik perhatian betina ialah dengan mengeluarkan suara yang nyaring dengan interval panjang. Suara panggilan inilah yang akan nanti menarik perhatian betina ke Mating Ring.

 

 

Kepunahan Burung Kuau Raja

 

Meskipun status belum mengatakan punah 100% burung Kuau raja patut untuk kita lindungi. Kuau Raja ialah burung Endemik Hutan Tropis dikawasan Asia Tenggara. Habitat asli dari Kuau Raja ialah Hutan Primer daerah dataran rendah sampai tinggi antara 1500 dari permukaan laut.

 

Burung Kuau Raja betina hanya bisa bertelur 2 butir tiap kali reproduksi, inilah salah satu yang menjadi faktor hampir punahnya burung Kuau Raja.

 

Kerusakan Hutan dan pembukaan Hutan juga menjadi factor yang merusak habitat dari Burung Kuau Raja ini, Perburuan liar juga menjadi salah satu factor.

 

Pemerintah sudah menerbitkan payung hukum untuk melindungi burungKuau Raja  , PP No 7 Tahun 1999 tentang pengawetan jenis tumbuhan dan Satwa, Kuau Raja masuk di daftar 294 Fauna dan Flora yang dilindungi.

 

 

Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter