MERAWAT BURUNG PERKUTUT RAJIN BUNYI, SEHAT DAN MAPAN

Posting Komentar

 



Hai teman – teman dikesempatan kali ini mimin akan membahas tentang Cara merawat burung perkutut agar rajin bunyi , sehat dan mapan,. Pada dasarnya ketika burung perkutut kita sudah mapan dengan pemberian makan dan rawatan kita tiap hari yang konsisten burung perkutut kesayangan kita pasti akan sehat di barengi dengan aktif bunyi. Yuk kita simak tips mimin cara merawat burung perkutut agar rajin bunyi sehat dan mapan.

 

Lingkungan tempat bernaung

Faktor pertama ini sangat remeh jika kita bahas, akan tetapi jika tidak kita perhatikan akan berdampak pada kesehatan mental burung perkutut kita. Lingkungan yang aman tanpa gangguan predator dan tenang  akan membuat burung perkutut kita rajin bunyi. Jika banyak gangguan akan menjadi faktir burung kita stress, bila tidak ditangani dengan baik pasti akan berdampak mental down dan akhirnya macet bunyi.

 

Waktu Mandi dan Jemur Burung perkutut

Kebersihan bulu burung menjadi salah satu factor yang penting, memandikan burung perkutut bisa dengan penyemprotan menggunakan sprayer potong rambut. Karna jika kita menggunakan sprayer pompa ditakutkan akan mengakibatkan air masuk ke hidung perkutut kita. Mandi dengan cara mengambil burung lalu dibilas dengan tangan kita juga salah satu cara agar burung perkutut bisa jinak dengan kita.

Setelah mandi kita siapkan burung untuk di jemur. Burung perkutut suka dijemur jadi 1 – 2 jam bukan jadi masalah untuk di jemur lama.

 

Kebersihan sangkar burung perkutut

Demi kenyamanan burung perkutut kita, kebershian sangkar harus kita jaga baik. TAngkringan atau wadah pakan yang ada kotoran burung wajib kita bersihkan agar steril dari virus – virus yang menyebabkan shrink burung kita rusak.

Pembersihan sangkar bisa kita lakukan sebelum memandikan burung perkutut, membersihkan sangkar bisa dengan menggunakan air mengalir dan sabun cuci piring.

 

Pemberian pakan dan minum burung perkutut

Pemilihan jenis biji makananan untuk burung perkutut harus pas, agar tidak terjadi obesitas burung perkutut kita. Pakan Racikan yang tersedia di toko pakan hewan sudah pas komposisi biji-bijiannya akan tetapi carilah yang bukan pakan di goring, melainkan yang di oven.

Untuk pemberian minum, baiknya kita ganti tiap hari, agar tidak terjadi penjamuran air minum.

 

Pemberian Extrafood Burung perkutut

Extrafooding burung perkutut bisa diberikan berupa biji kacang hijau yang d rendam air hangat, agar tidak terlalu keras, sedangkan untuk minumnya kita berikan multivitamin cair yang tersedia di took pakan hewan.

 

Pemasteran burung perkutut

Pemasteran baiknya kita dengarkan di waktu siang hari atau malam hari, ketika waktu itu burung dalam masa istirahat. Waktu inilah yang paling baik untuk pemberian mastering burung. Pemasteran bisa menggunakan Mp3 atau menggunakan handphone kita.

 

Perawatan yang konsisten dan pemberian pakan yang bermutu akan menjadikan burung perkutut kita klangenan yang mantab.

 

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter