ITAGI Peran penting dalam vaksinasi

Posting Komentar

ITAGI Adalah


 Akhir-akhir ini kita sering sekali mendengar tentang ITAGI, Sebenarnya apasih ITAGI dan Apakah ITAGI itu, berikut mimin kasih sedikit penjelasannya.

ITAGI (Indonesian Technical Advisory Group on Immunization / Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional) Adalah suatu badan Independen yang tersusun dari para ahli. Tugas Mereka ialah memberikan saran pada pemerintah Indonesia dalam ranah ini KemenKes RI berkaitan dengan strategi imunisasi dan keamanan dari sebuah vaksin tertentu. 

ITAGI memberikan Mulai dari pengembangan dengan teknologi apa yang digunakan hingga membantu pemerintah dalam mengambil kebijakan berdasarkan basis bukti , semua apa yang dikerjakan dari program imunisasi pemerintah harus berdasar kepada keilmuan yang tentu saja sudah terdapat literaturnya. Rekomendasi Vaksin booster ITAGI sudah berdasarkan arahan dari WHO.


Peran ITAGI sendiri sangat penting, Meliputi 

  • Menyusun Roadmap
  • Tahapan Imunisasi
  • Sasaran Imunisasi 
  • Melakukan Kajian, dan lain-lain


Ketua dari ITAGI sendiri adalah Prof Sri Rezeki , Wanita kelahiran Solo, 3 mei 1946 ini memiliki andil besar dalam hal imunisasi di Indonesia. Beliau adalah salah satu dokter yang concern dalam dunia ini. Beliau pernah menjadi Ketua Satgas Imunisasi Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan sekarang pula menjabat sebagai Indonesia Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) sampai saat ini.

Guru Besar Ilmu Kesehatan Anak di Universitas Indonesia ini menyadari Permasalahan yang ada pada Kesehatan anak-anak Indonesia sangat besar, Ibu Prof Sri Rezeki sendiri dilantik sebagai Guru Besar Fakultas Kedokteran UI pada tahun 2010, ia sebelumnya menempuh Pendidikan kedokteran di FK Universitas padjajaran Bandung dan lulus pada tahun 1972. Kemudian beliau meanjutkan Kembali program spesialis di FKUI mengambil spesialisasi Ilmu Kesehatan Anak hingga tahun 1983, beliau juga Penha menempuh Pendidikan tambahan di jepang.

Dikutip dari biz.kompas


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter