Jenis Tanaman Lidah mertua penyerap Polusi dan Tips Perawatannya

Posting Komentar

 Apakah teman-teman tidak asing dengan nama tanaman “LIDAH MERTUA”?  Apa teman-teman mengira ini judul sebuah sinetron yang tak pernah habis episode nya??

        sumberfoto: pixabay


    Yuk kita bahas tentang tanaman lidah mertua, tanaman estetik pun juga sebagai penyerap oksigen, lets cekidot!

    Tanaman Lidah  Mertua merupakan tanaman asli dari Asia dan Afrika, tumbuhan yang dengan nama latin Sansevieria trifasciata ini masuk dalam kategori tanaman hias yang mudah di temukan . Tanaman ini berbentuk memanjang keatas sperti pedang berwarna hijau hampir seperti daun buatan.

Selain bentuknya yang unik tanaman lidah mertua ini juga punya manfaat untuk hunian kita teman-teman,salah satu nya ialah sebagai penyerap polutan bebas di dalam rumah kita, yuk kita bahas lebih mendalam lagi tentang sansevieria ini yuk..

Manfaat Lidah mertua

    Tanaman lidah mertua ini sangat berguna untuk menyerap racun di udara, tanaman lidah mertua bisa menyerap CO² dan pada malam hari tanaman ini masih bisa mengeluarkan Oksigen maksimal. Ini di sebabkan oleh CAM (Cassualacean Acid Metabolism), Membuat tanaman ini mampu berfotosintesis khusus.

Selain untuk menyerap polutan tanaman ini mempunyai aroma khas yang bisa membuat kita rileks dan meredakan stress

Pada beberapa penelitian tanaman ini mampu menyerap radiasi dari barang elektronik di dalam rumah kita teman-teman. 

    sumberfoto: pixabay

Bahaya Tanaman Lidah mertua

Eits jangan berpikir lidah mertua beneran yah,,hehehe..

Meskipun tanaman lidah mertua ini mempunyai segudang manfaat, ternyata tanaman ini juga mengandung racun di dalam daunnya teman-teman!

Meskipun racun yang di kandungnya tidak terlalu tinggitetap perlu kita waspadai, Efek yang di timbulkan dari daun tanaman lidah mertua apabila kita konsumsi ialah mual, muntah serta bisa menyebabkan diare.

Jadi sebisa mungkin kita hindarkan dari jangkauan anak-anak kita serta hewan peliharaan kita ya teman-teman.

Beberapa Jenis Tanaman Lidah mertua

Tanaman ini memiliki beberapa jenis, ada yang berdaun tinggi serta ada yang berdaun pendek.warna daunnya pun ada yang hijau pekat sampai yang hijau muda. Yuk kita bahas satu persatu teman-teman.

Sansevieria trifasciata

        sumberfoto: greenforesto,com


    Jenis tanaman ini paling popular dan umum di temukan di penjual tanaman-tanaman hias, tanaman yang mempunyai daun dengan Panjang 10 cm hingga 30 cm ini bis akita sesuaikan Panjangnya, caranya tentu dengan pemberian pupuk. Jika kita rutin memberikan asupan gizi/pupuk tentu tanaman ini akan bisa tingga, namun sebaliknya bila kita tidak pernah memberikan asupan pupuk  dan hanya beralaskan sekam saja tentu tanaman ini tidak bisa tumbuh maksimal.

Sansevieria gracilis

     sumberfoto:agaveville,org

    Tanaman lidah mertua jenis ini memiliki perbedaan daun dari jenis yang lain. Daun Tanaman lidah mertua jenis ini lebihkecil dan ringkas sehingga teman-teman bisa menanam di pot yang berukuran kecil.

Sansevieria canaliculata

    sumberfoto:worldofsucculent

Bentuk daun jenis ini hampir-hampir sama dengan gracilis namun canaliculate mempunyai bentuk daun yang lebih Panjang dan lebih tipis. Cocok bila ditanam pada ukuran pot yang sedang.

Sansevieria patens

                        sumberfoto:pixabay

Memiliki warna daun yang kehijauan tua dan permukaan daun yang tidak terlalu lebar sansevieria patens mengeluarkan bunga putih keabu-abuan yang membuatnya menjadi khas dari yang lain.

Tentunya dengan perawatan yang baik akan membuat tanaman ini terlihat wah sekali teman-teman.

Sansevieria laurentii

                                sumberfoto:pixabay

Daunnya memiliki aksen warna keemas an yang membuat indah dan unik, Jarang sekali tanaman ini terkena penyakit

Jenis ini juga akan menghasilkan bunga yang beraroma khas..tentunya dengan perawatan yang rutin ya teman-teman.

Cara perawatan tanaman lidah mertua

Tanaman lidah mertua ini masuk pembahasan di salah satu jurnal, Journal ofroyal college of physicians. Didalamnya menerangkan bahwa untuk mendorong pasien mereka memanfaatkan ruang hijau dan menghabiskan waktu mereka untuk berkebun serta merawat tanaman hias mereka.

Merawat tanaman hias ternyata bisa meredakan stress dan menambah imun kita juga, pikiran bisa plong melihat tanaman tumbuh segar pun kitab isa memperoleh oksigen yang baik dari tanaman kita.

Yang perlu kita ketahui dalam merawat tanaman lidah mertua kita :

Tempatkan pada tempat yang teduh

Hal ini penting karena tanaman lidah mertua ini tidak perlu pencahayaan yang lebih.Lidah mertua bagus di suhu antara 10 ° hingga 23 ° Celsius, dengan Chaya yang cukup.

Penempatan pada sinar matahari langsung [erlu dihindari agar daun tanaman ini tumbuh dengan indah dan berwarna cerah.

Siram seperlunya

Sifat Sukulen pada tanaman lidah mertua membuat tanaman ini memerlukan sedikit air, perhatikan Ketika menyiram karena tanaman ini tidak suka pada media tanam yang lembab.

Terlalu banyak air membuat akar tanaman lidah mertua membusuk dan menjadikan tanaman ini berjamur, Ketika hujan baiknya di tempatkan di tempat yang tidak terkena air hujan.

Pemberian pupuk

Seperti tanaman hias yang lainnya, tanaman lidah mertua juga membutuhkan asupan gizi dari pupuk. Jika teman-teman ingin tanaman ini subur dan berdaun lebat serta tinggi pemberian pupuk bisa 1 kali dalam seminggu. Tentunya dengan takaran yang wajar.

   sumberfoto:pixabay


Harga tanaman lidah mertua

Tanaman Lidah Mertua                                                                     Rp.15.000

Tanaman Lidah Mertua                                                                         Rp.50.000

Tanaman Lidah mertua tiger 1                                                         Rp.50.000

tanaman lidah mertua sansivera-sansiviera-tanaman penyerap polusi Rp.10.000

Tanaman lidah mertua sansivera pedang-pedangan sansevieria         Rp.10.000


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter