Tanaman Kaktus Koboi, Tanaman penambah nilai Estetik ruangan beserta cara perawatan

Posting Komentar

     Akhir-akhir ini kita tentu tidak asing lagi dengan tanaman yang akan mimin bahas, tanaman yang identic dengan gurun daerah amerika dengan latar belakang penunggang kuda memakai topi berdiameter lebar membawa senjata revolver. Yup mimin perkenalkan Kaktus Koboi… kaktus ini mempunyai nama latin cereus peruvianus.

    sumberfoto:pixabay.com

    Tanaman Kaktus adalah anggota keluarga dari Cactaceae, terdapat ribuan spesies dari kaktus. Dua kelompok besar Yang paling bayak di jadikan tanman hias ialah Kaktus gurun dan kaktus hutan, keduanya akhir-akhir ini sangat popular dan akrab sekali dengan mat akita. Kedua jenis kaktus ini dapat berkembang di dalam ruangan  dengan perawatan yang relative mudah.

Kaktus ini ada yang ditanam dalam versi postur kecil, mungil dan lucu. Tak ayal bila kaktus koboi mampu memberikan kesan estetik di dalam ruangan.

Kaktus koboi banyak sekali di jumpai di negara-negara Amerika latin, Brasil Argentina, Paraguay, serta Uruguay. Disini kaktus-kaktus ini mempunyai julukan Peruvian Apple cactus atau Queen of the night.

Jika teman-teman ingin keeping kaktus koboi ini, kita harus membuat media tanam yang sesuai dengan habitat tanaman ini tumbuh. Kaktus koboi ini berasal dari gurun yang terdapat banyak sinar matahari, drainase yang baikm suhu tinggi  dan tingkat kelembaban yang rendah.


Jadi alangkah baiknya kita simak Apa saja sih yang harus diperhatikan Ketika kita memelihara kaktus koboi.

Cahaya, suhu dan ventilasi

Kaktus koboi tumbuh subur dengan sumber cahaya yang baik, dan yang terbaik adalah menempatkan kaktus pada tempat yang terang. Namun, teman-teman berhati-hatilah untuk tidak meletakkannya di bawah sinar matahari langsung karena cahaya yang kuat dapat membuat kaktus berubah warna menjadi kuning. 

Media Tanam kaktus

Bahan anorganik seperti pasir bagus sebagai Media tanam di karenakan drainase dan aerasi sangat cocok untuk kaktus ini. Kaktus merupakan tanaman yang tumbuh lambat dan minim perawatan,namun mempunyai bunga yang sangat indah.

Penyiraman kaktus

Penyiraman bisa di lakukan Ketika pupuk yang ada telah kering, jangan terlalu banyak menyirami kaktus karena tanaman ini tidak terlalu suka kelembaban. Jaga media tanam tetap kering jangan terlalu lembab.terlalu banyak penyiraman akan membuat pembusukan baik di pangkal tanaman kaktus maupun di ujung area kaktus tumbuh. Jika pembusukan sudah terjadi teman-teman bisa memulai stek baru dari kaktus tersebut.

Pemberian pupuk kaktus

Jika kita ingin kaktus teman-teman cepat berbunga bisa dengan menambahkan pupuk khusus untuk kaktus yang banyak di jual di E-commerce, tentunya dengan pemberian yang sesuai petunjuk pada kemasannya. Terlalu banyak memberikan pupuk tentunya tidak terlalu baik bagi kaktus kesayangan teman-teman.

     Sumberfoto:valerieparrhill.ig


Pemilihan Pot kaktus

Pemilihan Pot merupakan bagian terpenting dari menanam kaktus, pilihlah pot yang mempunyai lubang di bagian bawah agar drainase lancer, dengan begitu kelembaban pada media tanam bisa terjaga dengan baik.

Hama Dan Penyakit pada Kaktus

Semua jenis kaktus rentan terhadap hama termasuk kutu putih, sisik, agas jamur, dan tungau laba-laba. Dalam kebanyakan kasus, hama ini dapat dibersihkan dengan hati - hati dari tanaman menggunakan kapas dan air.


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter