CARA MEMPERBANYAK DAN MERAWAT TANAMAN SUPLIR

Posting Komentar


    Kali ini mimin akan membahas tentang tanaman yang menjadi primadona tahun 1980an, Yup namanya Tanaman suplir tumbuhan paku dengan nama latin Adiantum tenerum Sw ini ialah tanaman hias yang menonjolkan daun nya yang rimbun dan bentuk daunnya yang  unik. 
    
    Tanaman ini perlu mendapat perhatian Khusus untuk di budidayakan agar tidak punah dari Tanah Air tercinta kita. Kita akan membahas bagaimana cara memperbanyak, menanam, merawat dan manfaat apa yang bisa kita dapat dari tanaman hias ini. Yuk kita cekidot…


CARA MEMPERBANYAK TANAMAN SUPLIR

    Tanaman suplir ini bisa dibudidayakan dengan cara generatif ataupun vegetatif. Budidaya secara generatif bisa kita lakukan dengan cara menggunakan spora dari tumbuhan ini, sedangkan untuk teknik budidaya dengan cara vegetatif kita perlu memisahkan rumpun atau anakan dari tanaman suplir ini. 

    Jika kita melakukan budidaya tanaman suplir memakai cara pemisahan rumpun, faktor yang harus diperhatikan ialah media tanam dari rumpun tanaman suplir ini, karena sangat mempengaruhi pertumbuhan dari tanaman ini.

                                               

CARA MENANAM DAN MEDIA TANAM SUPLIR

    Media tanam pada tanaman suplir ini memerlukan drainase dan aerasi yang baik. Supaya rumpun suplir tidak mengalami kelayuan daun, akar rusak atau membusuk yang mengakibatkan tanaman suplir ini mati. Media tanam untuk tanaman suplir yang cukup lembab ideal bagi tanaman ini.

    Porositas (ruang kosong diantara material) yang baik membuat tanaman ini menjadi rimbun berdaun lebat serta sehat. Porositas yang baik membuat drainase dan aerasi menjadi lancer tidak membuat becek media tanam. 

Berikut ini Bahan- bahan media tanam untuk suplir :

  • Daun kering 
  • Arang sekam 
  • cocopeat 
  • Kompos 
  • Tanah 
  • Pot, atau Polybag

    Campur kelima bahan tanam diatas dengan perbandingan daun kering 20%, arang sekam 20%, cocopeat 20% serta kompos dan tanam masing-masing 20%. Campur sampai merata lalu masukkan ke dalam pot atau polybag yang sudah disiapkan tadi. Selama waktu menanam ini usahakan jangan menaruh pot atau polybag terkena sinar matahari secara langsung, tempatkan di tempat yang teduh dan jangan lupa untuk menyirami setiap hari atau di cek kelembaban nya, jika dirasa kurang lembab bisa di siram lagi.


CARA MERAWAT TANAMAN SUPLIR

    Sebenarnya yang harus diperhatikan dari merawat tanaman suplir ini adalah tingkat kelembaban media tanam, Tanaman suplir ini menyukai media tanam yang lembab tidak becek, tak heran tanaman ini lebih sering kita jumpai di tebing atau tempat yang lembab entah itu di tembok, sumur, dinding kolam, paras jurang yang lembab menjadi habitat tanaman ini.

    Untuk itu kita harus sangat memperhatikan tingkat kelembaban dari media tanam nya, dengan cara rajin-rajin menyiram tanaman ini, Namun tanah jangan sampai lembek karena dapat membuat akar dan batang suplir membusuk. Pemberian pupuk pada tanaman suplir ini bisa  dengan menggunakan pupuk cair ataupun pupuk NPK. 

Pemberian pupuk bisa dilakukan 2 atau 3 minggu sekali tergantung kebutuhan tanaman suplir kita.


MANFAAT TANAMAN SUPLIR

    Selain menjadi tanaman hias untuk memerindah dan menambah oksigen di rumah kita, Tanaman suplir ini ternyata mengandung banyak manfaat, daunnya bisa digunakan sebagai obat kesehatan tubuh hingga mengatasi beberapa penyakit tertentu. Menurut penelitian daun suplir ini mengandung senyawa yang berguna untuk menjaga kesehatan.

Berikut adalah manfaat Daun suplir untuk kesehatan :

  • Menetralisir Gangguan pada Ginjal
  • Menjaga kesehatan kandung kemih 
  • Melancarkan Saluran kencing

Dengan pengolahan yang baik dan benar daun tanaman suplir akan menjadi tanaman pengobatan alami untuk kita semua.


Daftar Harga suplir Terbaru Desember 2021

Tanaman suplir - tanaman hias adiantum ( Maiden hair fern ) Rp25.000

Tanaman Suplir rimbun mandala cantik     Rp7.000

Tanaman Suplir boston keriting Rp38.000

Tanaman suplir tusuk sate Rp23.000

Tanaman hias suplir Rp10.000

 

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter