Ikan Channa primadona baru penggemar Aquatic

Posting Komentar

    Selamat pagi teman.. kali ini kami akan membahas tentang ikan hias predator yang sedang naik daun, dan menjadi primadona baru setelah ikan arwana. Ikan ini tlah menjadi pusat perhatian karena corak warna dan gaya mereka ketika ada di air, Ya.. inilah Snakehead, Channa fish, atau di Indonesia disebut dengan Ikan kutuk.

    Ikan Channa ini mendapatkan julukan “snakehead di karenakan bentuk kepala yg rata dan sisik di kepala yang menyerupai sisik pada ular.

    Ikan Channa adalah anggota famili Channidae, satu kelompok dengan ikan “Perciform”(Seperti bertengger) yang asalnya tidak di ketahui, meskipun para ahli melakukan studi tentang filogeni molekuler ikan bertulang tetap menganggap snakehead sebagai keluarga dekat dengan ikan labirin (anabantoids) dan belut sunbranchiform .

    Ikan ini tersebar di Negara Iran bagian tenggara, Afghanistan timur , menyebar ke arah timur Cina, Utara di Siberia dan Selatan ke sungai-sungai Jawa, di Sungai-sungai di Senegal dan sampai ke Kongo (Afrika).

    Ada dua Kelompok (Channa, Parachanna) yang mengandung 34 spesies. 31 spesies dari Channa, dan 3 dari Parachanna, meskipun keragamannya jauh lebih besar dan masih ada yang belum terdeskripsikan terutama dari India, misalnya Channa Sp ‘lal cheng’ dan Channa Sp ‘kerala lima garis’ 2 ikan tersebut telah menjadi komoditi ikan hias aquarium.


Keunggulan Ikan channa sebagai penghias Aquarium kita :

Toleransi Oksigen

Salah satu keunggulan dari Ikan Channa adalah mempunyai toleransi tingkat oksigen yang rendah. Mereka mampu menyesuaikan kondisi tersebut karena organ di dalam tubuhnya yang membuat ikan ini dapat hidup meskipun dengan kondisi rendah oksigen terlarut.

Ikan channa juga bisa mengambil udara langsung di Udara.

Kesalah pahaman umum bahwa ikan yang bernafas dengan udara bisa hidup di genangan air dan air kotor di alam liar. Meskipun Ikan channa dapat mentolerir  berbagai kondisi air akan tetapi penelitian menunjukkan bahwa ikan ini dapat bertahan setidaknya selama 72 jam dalam tingkat pH dari 4,3 hingga 9,4. Ikan ini berasal dari habitat air lunak dan sedikit asam hingga ke air netral(pH 5,0 hingga 7,0), jika kita memeliharanya di aquarium kita, baiknya kondisi air seperti inilah untuk hidup Ikan Channa kita.

Minim dekorasi

Ketika kita memelihara Ikan Channa, sebisa mungkin kita memberikan tempat tinggal yang layak.dari segi air dan dekorasi untuk tempat Ikan Channa ini bersembunyi seperti di tempat asalnya. Ikan ini bukan perenang yang aktif dan Ketika tidak makan cenderung hanya bergerak ke permukaan untuk mengambil oksigen di permukaan. Buatkan persembunyian dari bahan kayu dan tumbuhan dengan alas pasir kasar. Di karenakan Ketika Ikan ini melakukan akselerasi membuat tekanan yang kencang dan membuat air bergerak yang menyebabkan media menjadi tergeser.

Warna yang menarik

Tentu saja warna ikan ini tidak diragukan lagi, kombinasi warna dan patern yang unik menjadi incaran setiap penghobi ikan hias aquatic ini.


Jadi..Jenis yang mana bagus untuk saya pelihara?? 

Tenang kami telah merangkum jeni-jenis ikan Channa khusus untuk kalian, Berikut adalah Jenis-jenis ikan Channa yang patut kalian tahu :


10 Jenis Ikan Channa



Ular kobra emas (Channa Aurantimaculata)

Ikan ini berasal dari Assam utara di India, dikenal sebagai Ikan channa berbintik oranye, ikan jenis ini mencapai sekitar 40cm. Ikan ini termasuk ikan channa yang relative agresif dan cocok di pelihara sendiri di aquarium kita. Ikan ini baik di suhu air 20-26°C/68-79°F dan pH ideal pH 6,0–7,0 dan GH 10.


Ikan Channa Merah (Channa micropeltes)

Ikan channa ini termasuk jenis raksasa, bila di tangkarkan bisa mencapai ukuran 1 meter. Ikan Channa jenis ini tidak baik bila di beri tank mate, sifat nya agresif dan mudah menyerang tank mate kawan-kawan. Mempunyai Pola warna garis oranye terang yang membentang di sepanjang tubuh, akan tetapi memudar seiring dengan pertumbuhan usia. Ikan ini baik di suhu air 26-28°C/79-82°F .


Ikan Channa kerdil (Channa gachua)

Salah satu Ikan
Channa yang umum di kalangan pecinta ikan hias, ikan yang berasal dari India utara ini harus dipelihara di air yang dingin dengan suhu 18-25°C/64-77°F dan pH ideal pH 6,0–7,5 dan GH 6-8.Panjan ikan jenis ini hanya 20cm, ikan ini relative jinak dan cocok bila di beri tank mate yang seukuran .



Ikan Channa Emperor (Channa marulioides)


Ikan ini mampu mencapai ukuran 65cm, membuat ikan ini cocok dengan tank yang berukuran besar dan tank Mate yang besar pula. Ikan ini baik di suhu air 24-28°C/75-82°F dan pH ideal pH 6,0–7,0 dan GH 10.


Ikan Channa Pelangi (Channa bleheri)

Jenis yang relative kecil dan pecinta damai dari keluarga Channa kerdil . Ikan Channa jenis ini adalah yang paling berwarna dari semua jenis ikan Channa lainnya. Mampu tumbuh sekitar 20cm. Baik di Air yang bersuhu dingin.


Ikan Channa kepala ular banka (Channa bankanensis)

Ikan Channa yang menuntut kondisi air aquarium kita, Channa banka berasal dari habitat blackwater yang sangat asam (pH hingga 2.8) meskipun tidak harus dengan kondisi pH tersebut pH harus dijaga tetap rendah(6.0 atau dibawahnya) karena jika di pelihara diatas level tersebut tadi ikan Channa ini rentan terhadap infeksi. Ikan ini bisa  tumbuh sekitar 23cm.



Ikan Channa lucius

Ikan ini bisa tumbuh sekitar 40cm, ikan ini salah satu ikan Channa yang terbesar dan membutuhkan perawatan yang harus di kondisikan. Spesies yang cukup agresif ini hanya boleh dipelihara dengan tank mate yang besar pula. Idealnya menggunakan air yang bersuhu 24-28°C/75-82°F, dan tingkat keasaman pH 5,0–6,5 dan GH hingga 8.


Ikan Channa Pleurophthalma

Ribet ya bacanya…hehehe… Salah satu speseies dari Asia tenggara , yang menarik ikan jenis ini memiliki bentuk yang berbeda dari Channa yang lainnya karena memiliki tubuh yang lebih padat secara lateral. Sedangkan yang lainnya memiliki tubuh yang hamper silinder. Ikan ini bisa tumbuh sampai 45cm.


Ikan Channa Punctata

Jenis ikan ini berasal dari India spesies ini dilaporkan dapat mentolerir kisaran suhu yang sangat luas dari 9-40 ° C/48-104 ° F. Ikan ini hanya tumbuh sekitar 30cm, akan tetapi pergerakannya cukup agresif.


Ikan Channa Parachanna obscura

Meskipun secara dangkal menyerupai Splendid dalam bentuk dan warna, orang Afrika dapat dibedakan dari lubang hidungnya yang panjang dan menonjol. Mencapai 45cm/18", parameter air untuk spesies ini harus serupa dengan Splendid, meskipun ini dilaporkan merupakan spesies yang lebih jinak.


Makanan apa, selain ikan dan udang hidup, yang siap dimakan oleh Ikan Channa?

Ikan Channa dapat disapih dari makanan hidup dan telah diketahui siap mengambil potongan ikan, kerang, udang untuk konsumsi manusia, dan makanan pelet komersial dari jenis daging - seperti pelet tenggelam atau bahkan pelet ikan komersial seperti trout chow.  

Makanan hidup non-air lainnya yang dapat diberi makan dengan percaya diri termasuk cacing tanah, ulat tepung dan jangkrik. Ikan Channa yang lebih muda akan dengan mudah mengambil bloodworms dan krill.



Bagaimana cara kita mengembangbiakkan  Ikan ini?

Ikan Channa relatif mudah untuk bertelur, asalkan kondisi yang tepat disiapkan untuk mereka. Jenis kelamin sebagian besar spesies tidak mudah bagi pemula, meskipun kebenaran bahwa betina lebih gemuk sudah dapat dipastikan di sini.

Mengingat sulitnya menentukan jenis kelamin ikan, terkadang perlu untuk memasukkan beberapa ikan dalam akuarium yang sama agar mereka dapat berpasangan secara alami (pastikan akuarium cukup besar untuk menampung beberapa ikan dengan nyaman, dan sediakan ruang persembunyian yang cukup untuk mengurangi agresi).

Beberapa tidak memerlukan pemicu yang kuat untuk berkembang biak, sementara yang lain memerlukan periode pendinginan, diikuti oleh kenaikan suhu untuk mensimulasikan perubahan musim. Beberapa mengerami telurnya secara oral sementara yang lain menggunakan sarang gelembung. 

Kedua orang tua biasanya menjaga benih (yang berenang di sekolah kompak) setelah telur menetas. 


credit foto : Facebook.com


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter