8 Jenis Burung Kenari yang ada di Dunia

Posting Komentar

     Kali ini saya akan membahas jenis burung kenari darimana asalnya dan Seperti apa bentuk bentuknya dan tipe-tipenya burung kenari, burung kenari adalah salah satu jenis burung yang kini banyak dipelihara dan menjadi burung gacoan di arena lomba burung berkicau oleh Kicaumania. 


Ini semua tak lepas dari suara lagu dan irama yang dimiliki burung ini karena kicau kenari yang unik inilah membuat burung ini Kian digemari oleh penghobi burung di Indonesia.


    Perawatan burung kenari juga tergolong mudah berbeda dengan burung ocehan jenis lainnya,selain itu kombinasi warna bulunya yang beragam membuat penampilan burung ini semakin indah dan cantik , postur burung ini mungil semakin membuat orang tertarik untuk memeliharanya. 


Harga kenari di pasaran di tahun 2021 ini Kian melambung, terutama untuk kenari import jenis tertentu.


    Di seluruh permukaan bumi ini burung kenari ini tercatat memiliki lebih dari 96 jenis yang terbesar berbagai belahan bumi, dari sekian jenis tersebut belum termasuk dengan hasil silangan yang kini banyak kita jumpai di pasar burung. 


Jika ditotal secara keseluruhan saat ini mungkin sudah ada ratusan jenis lain dan variasi suaranya, untuk membedakannya dibutuhkan keahlian khusus untuk menangani jenis dan asal muasal kenari tersebut untuk sobat Kicaumania yang saat ini mungkin ingin memelihara burung kenari mungkin ada baiknya kita mengenal jenis-jenis burung kenari untuk memudahkan anda dalam merawat burung kenari ini.


Berikut adalah jenis burung kenari yang ada di Dunia beserta dengan negara asalnya :


Burung kenari yorkshire





    Kenari yorkshire merupakan jenis burung kenari yang terbilang mahal burung ini cukup populer di Indonesia, bahkan sudah banyak penangkar peternak burung kenari yorkshire dengan omzet puluhan juta. 


Burung yang memiliki tubuh tegak dan ideal ini di sebenarnya berasal dari Yorkshire Inggris.


Burung kenari border


    Burung kenari border memiliki bentuk tubuh mungil dan bulat burung ini berasal dari border, Perbatasan antara Inggris dan Skotlandia . 

Burung kenari border hanya mempunyai panjang tubuh sekitar 8 cm lebih kecil bila dibanding dengan kenari yorkshire sampai 10 cm.


Burung kenari Norwich


    Kenari Norwich memiliki ciri fisik yang menonjol karena kenari jenis ini memiliki jambul tebal sampai menutup mata, kenari Norwich berasal dari Norwich daerah norflok Inggris ukuran tubuhnya hampir sama dengan Yorkshire.


Warna burung ini sangat menarik dengan Dominasi warna kuning hijau orange putih polos dan perpaduan berbagai warna.


Burung kenari Roller


    Burung kenari roller merupakan jenis burung kenari yang memiliki karakter suara bervariasi keras melengking dan ngerol burung ini hasil keturunan dari kenari Jerman dan yang dikembangkan di pegunungan hartz. 


Panjang badan kenari roller sekitar 7,5 cm serta memiliki ciri bulu garis-garis di bagian punggungnya. Selain di Jerman kenari roller juga dikembangkan di Belanda.


Burung kenari fusan



    Belum banyak informasi untuk jenis burung ini namun dapat dipastikan jika kenari fusan berasal dari Cina dan yang dikembangkan di Taiwan dengan tingkat keberhasilan yang tinggi.


 Burung kenari gloster


    Burung kenari jenis ini bentuk tubuhnya berukuran tidak melebihi satu cm teman-teman dan biasanya dalam ajang perlombaan kenari gloster tubuhnya tidak boleh lebih dari 11 cm. 


Ciri-ciri yang mencolok pada burung ini adalah warna bulunya yang kuning serta sayurnya yang agak kehijauan serta warna ekor yang putih. 


Burung kenari gloster ada juga yang memiliki jambul dan biasa disebut dengan kenari gloster Corona sedangkan yang tidak memiliki jambul disebut dengan kenari gloster consort.


Burung kenari Crest


    Jenis burung kenari jenis ini termasuk salah satu jenis kenari tertua karena pada awal dikenal pada tahun 1950 pada mulanya kenari ini dikenal dengan sebutan crown yang kemudian menjadi sangat populer dengan sebutan King of the vansi. 


Artinya adalah raja fantasi ada dua variasi unik pada kenari jenis ini yaitu memiliki jambul dan tidak memiliki jambul uniknya adalah kenari Crest yang berjambul maka jambulnya itu bisa sampai menutupi kepalanya bahkan sampai pada matanya dan paruhnya. 


Dalam perlombaannya biasanya kenari ini diprioritaskan pada penilaian jambulnya yang harus benar-benar sempurna.



 Burung kenari frill

sumber foto: facebook

    

    Pada kenari frill terdapat beberapa bulu yang unik, paling dikenal adalah jabot dan Fin mental merupakan bulu yang berada di tengah-tengah punggung kenari ini teman-temannya secara simetris.


Jabot adalah bulu yang terdapat pada bagian dadanya yang merombak ke dalam hingga berbentuk seperti kerutan yang menutup sedangkan fine merupakan bulu yang terdapat di sekitar paha hingga ke sekeliling sayap apabila bulunya tumbuh dengan bagus dan sempurna maka akan terlihat indah dan menawan.


Tapi sebaliknya bila bulu-bulu tersebut tidak tumbuh dengan sempurna maka akan kelihatan aneh.


 Itulah tadi jenis burung kenari yang ada di dunia, baca juga artikel mimin tentang cara meningkatkan birahi burung kenari kita agar cepat produksi. semoga teman-teman menjadi lebih tahu yach,,jangan lupa share jika artikel ini bermanfaat!.

Terima kasih!

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter