30 Ciri dan Mitos serta Pamor Katuranggan Burung Perkutut Beserta Gambar

Posting Komentar

    Burung perkutut merupakan burung yang tak lekang oleh waktu, burung ini mempunyai peminat nya tersendiri. Burung perkutut identic dengan burung orang tua, karena sebagian besar peminat burung ini kebanyakan orang – orang yang sudah berumur.


 Sebanyakan pemilihan burung perkutut ini di dasarkan dari katuranggan bawaan burung perkutut itu sendiri, Jika Teman – teman ingin memelihara burung perkutut yuk simak bahasan mimin tentang katuranggan burung perkut,

 



Ciri Mitos serta Pamor Katuranggan Burung Perkutut Beserta Gambar


    Umumnya, jenis dari burung perkutut hanya terbagi menjadi dua, yakni burung perkutut lokal dan burung perkutut bangkok. Akan tetapi jika dilihat dari katuranggannya, banyak jenis burung perkutut sebagai berikut.

 

 

 

Perkutut Katuranggan Cendolo Sabdo

 

Jenis Perkutut Cendolo Sabdo ini termasuk jenis burung perkutut yang langka. Burung perkutut ini termasuk yang banyak di cari penghobi, sampai banyak yang memalsukan ciri perkutut biasa menjadi cendolo sabdo. Ciri utamanya adalah terdapat bulu berwarna putih di bagian sayap luar. Bulu putih itu akan tetap ada meski setelah proses mabung


Jika Teman - teman ingin memiliki /  memelihara nya serta kebetulan ada yang menjual, baiknya kita pastikan lebih dahulu. Apa memang perkutut katuranggan Cendolo Sabdo tersebut asli atau palsu.


Caranya adalah kita tunggu setelah proses mabung/ganti bulu. bila bulu putih pada sayap setelah mabung tumbuh kembali, maka ini adalah katuranggan Cendolo Sabdo asli.

 

Perkutut Katuranggan Gendawa Sabda

 

Burung perkutut katuranggan Gendawa Sabda mempunyai ciri khas berupa bulu putih berada di sebelah leher, dan suara anggunan yang rajin serta keras dan merdu.


Uniknya jenis perkutut ini suaranya mampu memanggil burung perkutut lain mendekat sampai – sampai ikut manggung juga. Jenis perkutut Gendawa Sabda cocok sekali dijadikan burung pikatan.

 


Perkutut Katuranggan Cemani Kol Buntet

 

Ciri umum Burung perkutut jenis ini mempunyai ules hitam pekat layaknya ayam cemani. Ules lurik itu menyambung dari leher sampai ke dubur. Ules ini tidak hilang meski perkutut sudah mengalami proses mabung.

 

 

Perkutut Katuranggan Kantong Semar

 

Burung perkutut katuranggan kantong semar  mempunyai ciri yang tak biasa. Terlihat dari fisiknya Burung ini mempunyai leher yang agak pendek dari pada perkutut lainnya serta  perutnya mempunyai ukuran yang lumayan besar.

 


Perkutut Katuranggan Larasati

 

Mempunyai alis mata berwarna kuning, serta bulu halus pada pangkal ekor yang berwarna kuning merata Burung perkutut katuranggan larasati sangatlah cantik bentuknya.


Pamor Burung perkutut katuranggan larasati dapat mendatangkan kedamaian dan keharmonisan dalam rumah tangga, bisa menjadi ular, sampai jelmaan dari mahlu gaib.

 

 

Perkutut Katuranggan Mercu Jiwa

 

Ciri umum Burung perkutut katuranggan mercu jiwa ialah mempunyai kornea mata yang berwarna kuning. Terkadang kita keliru dengan Rondo semoyo jika Rondo semoyo warna kuning berada diluar mata lebih tepatnya di pelipis mata


Arti dari Mercu jiwo sendiri ialah , Mercu berarti Luhur sedangkan jiwo bagian terdalam manusia. Yang bisa di artikan Jiwa yang luhur. Mata Kuning perkutut ini melambangkan sebuah tatapan yang bijaksana

 

 

Perkutut Katuranggan Kusuma Wicitra

 

Ciri burung perkutut katuranggan kusuma wicitra pada kakinya terdaopat sisik berwarna putih dan pada bagian leher memiliki corak garis berwarna hitam dengan berpadu warna putih.

 

 

 

Perkutut Katuranggan Muncis

 

Jika teman – teman  ingin mempunyai burung perkutut yang berukuran kecil, burung perkutut katuranggan muncis adalah jawabannya. Perkutut ini memang memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dibandingkan perkutut jenis lain. Tubuhnya hanya seukuran wadah pakan.

 


Perkutut Katuranggan Rupo Cahyo

 

Dalam bahasa Jawa kata rupo artinya seperti itu dan cahyo artinya cahaya. Jadi, menggabungkan kedua kata tersebut bisa berarti wajah bercahaya. Ini dibuktikan dengan ciri-ciri burung perkutut ini. Ini memiliki warna biru cerah. Selain itu, setiap helai rambut yang menempel di tubuhnya seolah memancarkan cahaya.

 


Perkutut Katuranggan Rajek Wesi

 

      Perkutut ini memiliki bagian khusus yang dipisahkan atau disilangkan dari kaki, namun tidak seluruhnya.Selain itu, kakinya berwarna hitam mengkilat seperti besi, dan bentuk kakinya hampir sama dengan Merpati Rojowono jika dilihat sekilas.


Bedanya, sisik pada kaki Merpati Rojowono lebih bersih dan garis-garis yang hilang tidak terputus dari bawah ke atas. Nyatanya, tidak semua merpati bersisik kaki bengkok adalah Katurangan di Rajek Wesi. Memang sisik kedua kakinya sama atau sama dan warna kakinya hitam mengkilat.


Rajek Wesi dapat diterjemahkan sebagai pagar besi dari kata rajek yang berarti pagar dan wesi yang berarti besi.

 


Perkutut Katuranggan Pandawa Mijil

 

Burung perkutut jenis ini memiliki ciri yang unik, yakni bulu ekor nya berjumlah ganjil, bisa 13, 15, 17, 19, dan 21. Dengan ciri khusus tersebut, cukup sulit untuk menemukan perkutut katuranggan pandawa mijil.

 


Perkutut Katuranggan Kaki Bebek

 

Sesuai dengan namanya, burung perkutut katuranggan ini memiliki kaki seperti kaki bebek. Di antara jari-jari kakinya terdapat selaput sehingga jari kakinya saling menempel.

 


Perkutut Katuranggan Purnomo Sidhi

 

Burung perkutut katuranggan purnomo sidhi memiliki ciri mata berwarna merah. Selain matanya, warna bulu juga kemerahan seperti permata.

 

Perkutut Katuranggan Daringan Kebak

 

Burung perkutut jenis ini dikenal dengan nama perkutut katuranggan kemben tepung atau kalung tepung. Ciri utamanya adalah terdapat bulu lurik di leher dan dada meyambung seperti tepung atau kebak. Namun bulu tersebut tidak sampai pada dubur.

 

   

Perkutut Katuranggan Rajawana

 

Berbeda dengan perkutut katuranggan rajek wesi yang bersisik di sebelah kakinya, perkutut katuranggan rajawana memiliki kedua kaki yang bersisik silang.

 

Perkutut Katuranggan Satrio Kinayungan

 

Selanjutnya ada perkutut katuranggan satrio kinayungan adalah terdapat bulu berwarna putih di tengah kepala bagian atas.



Perkutut Katuranggan Jambul Garuda

 

Burung perkutut jambul garuda, seperti namanya, memiliki jambul yang sama dengan burung garuda.

 


Perkutut Katuranggan Sirih

 

Perkutut yang mempunyai dada lebar dengan satu garis ke belakang, dicondro baik dipelihara pengaruhnya memdatangkan keselamatan.

 

Perkutut Katuranggan Banyu Mili

 

Ciri khas dari burung perkutut katuranggan banyu mili adalah terdapat belahan bulu mulai dari kepala bagian bawah hingga ke dubur.

 

Perkutut Katuranggan Songgo Ratu

 

Tampilan yang cantik identic dengan Burung perkutut katuranggan songgo ratu. Terdapat juga beberapa helai bulu jambul yang mempunyai warna putih tampak menyerupai sebuah mahkota. Paruh dan kaki dari burung songgo ratu ini berwarna kehitam-hitaman.

 

Perkutut Katuranggan Sumping Ratu

 

Perkutut katuranggan sumping ratu mempunyai beberapa bulu di kepala yang sejajar, di bagian kiri dan kanan. Selain daripada itu, terdapat dua bulu putih di mata kiri dan kanan.

 

Perkutut Katuranggan Sri Kempel

 

Ciri dari pada perkutut ini pada bulu bagian ekor menumpuk dari pangkal sampai ujung ekor. Dan juga Kotoran dari jenis katuranggan ini dikeluarkan juga tampak menumpuk.

 

Perkutut Katuranggan Udan Mas

 

Pada burung perkutut katuranggan udan mas mempunyai  ciri warna bulu cream atau coklat muda. Namun ada juga warna bulu kekuningan yang berbentuk melingkar pada bagian tubuhnya.

 

 

Perkutut Katuranggan Wilis

 

Burung perkutut katuranggan wilis mempunyai ciri bulu berwarna putih di kepala bagian belakang.

 

 

Perkutut Katuranggan Wisnu Murti

 

Pada burung perkutut katuranggan wisnu murti, terdapat warna hitam pada bagian kaki, mata, dan paruh.

 

Perkutut Katuranggan Wisnu Wicitra

 

Selanjutnya Katuranggan Perkutut Beserta Gambar lainnya adalah Perkutut Katuranggan Wisnu Wicitra. Warna bulu burung perkutut katuranggan jenis ini tampak kehitaman dan kusam. Bulunya akan terus tampak begitu meski berulang kali dimandikan.

 

Perkutut Katuranggan Tretes Mas

 

Selanjutnya ada burung perkutut katuranggan tretes mas yang mempunyai ciri berupa bercak keemasan atau coklat di kepala atau bagian sayap dalam.

 

Perkutut Katuranggan Satrio Wicaksono

 

Ciri khas dari burung perkutut ini adalah terdapat bulu berwarna putih di bagian pangkal ekor, atau bulu putih di bagian pangkal paha.

 

Perkutut Katuranggan Tumbak Cucukan

 

Burung ini mempunyai ciri khas bentuk paruh yang melengkung seperti bentuk paruh burung kolibri atau paruh ontel.

 

Perkutut Katuranggan Sriwiti

 

Selanjutnya Katuranggan Perkutut Beserta Gambar, ada perkutut katuranggan sriwiti yang mempunyai leher tegak lurus menyerupai ular kobra. Karena bentuk lehernya itu, banyak orang menyebutnya burung perkutut leher kobra.

 

 Itulah tadi sebagian dari khasanah jenis - jenis perkutut yang ada di Indonesia, teman - teman bisa baca jenis majapahit yang fenomenal juga loh..


Terimakasih !


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter