wamakaru wamakarallah, wallahu khairul makirin

 


Wamakaru wamakarallah, wallahu khairul makirin 


   Tulisan ini di buat karena terinspirasi dari kejadian yang sangat membuat umat muslim dunia marah,karena beredarnya film yang melecehkan Nabi Muhammad SAW. Film yg berjudul "The Innocence of Muslims", telah membuat umat muslim mengecam, bahkan mengutuk pembuatnya. Isi yang ada di dalam film tersebut dinilai melecehkan junjungan besar umat islam, bahkan sangat tidak pantas untuk dilihat.

 

Arabic text :

وَمَكَرُوا۟ وَمَكَرَ ٱللَّهُ ۖ وَٱللَّهُ خَيْرُ ٱلْمَٰكِرِينَ

 

Bacaan latin :

wamakaru wamakarallah, wallahu khairul makirin

 

Yang artinya :

Mereka merancang, Allah juga merancang, sesungguhnya Allah sebaik-sebaik Perancang .

 

    Namun disisi lain Film “Innocence of Muslims” Malah membuat penjualan Al-Quran meningkat. Al Arabiya melansir, penjualan buku-buku tantang Islam meningkat 20-30 persen setelah tersebarnya film “Innocence of Muslims”.

     Para pegawai di sejumlah toko buku di London menyampaikan bahwa setelah beredarnya film yang menghina Rasulullah sallallahu ‘alaihi wasallam itu, banyak konsumen yang mencari buku-buku yang berisi pengenalan terhadap Agama Islam dan terjemahan dari Al-Qur`an.

    Seorang wanita penanggung jawab toko buku Water Stone di London menyampaikan bahwa buku-buku Islam berbahasa Inggris merupakan buku yang paling laris di toko-toko buku Inggris.

     Hal senada disampaikan oleh petugas di toko buku umum milik pemerintah di kawasan Illing London Barat. Menurut pantauannya, banyak warga Inggris mencari buku-buku Islam dalam beberapa waktu terakhir.Sementara itu, direktur lembaga nirlaba Oxfam Inggris menyebutkan bahwa peningkatan penjualan buku-buku Islam mencapai 20-30 persen, serupa dengan kondisi pasca 11 September.

    Peristiwa yang terjadi 11 tahun silam itu juga menyudutkan Islam sebagai agama teror. Namun, rasa penasaran justru membuat warga Inggris, AS dan negara Barat lainnya membaca referensi tentang Islam, termasuk terjemah Al-Qur’an. Tak sedikit dari para pencari kebenaran itu yang kemudian memeluk Islam.




Tafsir Ayat wamakaru wamakarallah, wallahu khairul makirin menurut 2 lembaga :

Tafsir dari ayat “wamakaru wamakarallah, wallahu khairul makirin” menurut Al-Muyassar ( Kementerian Agama Saudi Arabia) ialah,

Orang-orang kafir dari bani Israil tlah melakukan makar pada Isa dengan cara mencari orang yang disuruh/ di perintah untuk membunuh Isa dengan cara yang keji.

Maka Allah melemparkan kembaran Isa kepada seorang laki-laki yang menunjukkan mereka kepadanya, kemudian mereka menangkap, menyiksa dan membunuhnya serta menyalib dengan sangkaan dari mereka bahwa dia adalah Isa. Dan Allah adalah sebaik-baiknya pembuat makar.

Makar didalam surat ini merupakan penetapan sifat bagi Allah yang tentunya sesuai dengan kemuliaan dan kesempurnaan-Nya, karena itu merupakan makar yang sesungguhnya sebagai pembalasan makarnya orang-orang yang makar.

 

Tafsir dari Al-Mukhtashar / Markaz, Tafsir Riyadh (Dibawah pengawasan Syaikh Dr Shalih bin Abdullah bin Humaid, beliau adalah Imam Masjidil Haram)

 Orang-orang kafir dari bani Israil membuat tipu daya, Tipu daya mereka adalah mereka berusaha untuk membunuh Isa As, akan tetapi Allah adalah sebaik-baik pembalas tipu daya, karena tiada tipu daya yang lebih hebat dari tipu daya Allah terhadap musuh-musuh-Nya.

Tafsir diatas merujuk pada artikel dari tafsirweb

 

“Makar Allah” dalam arti pembalasan serupa (musyakalah), ialah tindakan Tuhan menggagalkan rencana jahat yang dilakukan oleh orang-orang kafir


Lebih baru Terlama

Related Posts

Subscribe Our Newsletter