TANAMAN KITOLOD - TANAMAN PINGGIR JALAN YANG KAYA MANFAAT

Posting Komentar

Tumbuhan yang banyak ditemukan di selokan-selokan ini mempunyai manfaat yang banyak orang tidak mengetahuinya, Yup inilah Tumbuhan Kitolod atau korejat atau sangkobak, atau kendali. Banyaknya nama Karena di tiap daerah berbeda julukan dari tanaman ini, di wilayah jawa barat mereka biasa menyebutnya daun tolod, berbeda dengan di jawatengah dan jawa timur biasa menyebutnya denan daun kendai atau sangkobak. Yuk kita bahas lebih dalam tentang Tanaman Kitolod ini.

Kitolod adalah salah satu tanaman yang bisa dipergunakan untuk obat herbal mengobati mata dan dapat dipergunakan sebagai insectisida alami.


tanaman kitolod , korejat


KLASIFIKASI TANAMAN KITOLOD

Para pakar meneliti bahwa Tanaman kitolod ini ter klasifikasi masuk family Campanulaceae, ini terdiri dari 70-60 genus dan hamper sekitar 2000 lebih spesies tanaman. Family Camanulaceae memproduksi getah yang mirip dengan air susu.

Tanaman ini mempunyai nama latin Isotoma Longiflora, kata longiflora dari kata longus yang berarti panjang, flos (floris) berarti bunga.

Tumbuhan ini tumbuh tegak bisa mencapai 60cm, bentuk tanaman ini terlihat seperti tanaman liar biasa, batang dari tanaman kitolod ini bercabang dan mempunyai daun yang bergerigi dan mempunyai bulu kembut.


Bunga Kitolod panjang dan berwarna putih mencolok dengan tajuk berbentuk bintang.


 TEMPAT HIDUP

Karena tumbuh liar didaerah yang lembab dan dipinggiran jalan, tanaman ini seperti tidak ada manfaatnya .Tanaman ini tumbuh liardi tempat yang memiliki kelembaban yang cukup, seperti di semak-semak, tembok, selokan got, tepi jalan yang lembab, pinggiran sawah.


 

KANDUNGAN MENURUT PENELITIAN UGM

    Pada penelitian yang dilakukan oleh tiga mahasiswa dari UGM, menunjukkan bahwa tanaman kitolod mengandung etanol.

Etanol sendiri memiliki kemampuan untuk antibakteri terhadap bakteri patogen.BAkteri yang bisa di kendalikan ialah seperti Pseudomonas aeruginosa, Escherichia coli, , Streptococcus mutans, Salmonella typhi, , Vibrio sp  dan  Staphylococcus epidermidis.

Sedangkan analisis fitokimia menunjukkan  jika pada bunga kitolod mempunyai kandungan etanol, yang terdiri dari dari tanin 39,80%, alkaloid 4,71%, saponin 35,14%, flavonoid 1,90%, dan steroid 1,21%. Senyawa yang terdapat itu mempunyai potensi sebagai obat iritasi mata.


bunga kitolod


MANFAAT & KHASIAT TANAMAN KITOLOD

Sebagai antibiotik luka

Untuk mengobati luka ringan seperti lecet, atau robek bisa menggunakan cara ambil daun kitolod tumbuk halus, lalu dibalurkan pada bagian yang luka dan di area sekitar luka tersebut. Tidak disarankan untuk luka sobek yang terlalu dalam.


 Mengobati sakit gigi

Bagi teman-teman yang mempunyai masalah sakit gigi bisa mencoba mengobati dengan tanaman kitolod ini. Caranya ambil beberapa daun kitolod lalu tumbuk daun dengan penumbuk hingga halus, kemudian letakkan pada gigi yang berlubang, cara ini hanya sebagai penghilang rasa sakit semata. Untuk penyembuhannya tentu saja dengan membawa ke dokter gigi  sebagai tindakan yang lebih intensif.

 

Mengobati radang pernafasan atau asma

Beberapa kasus tanaman ini juga dipercaya dapat mengobati radang pernafasan, kandungan antibiiotik alaminya bisa sebagai obat asma herbal. Caranya pun cukup mudah hanya dengan memanfaatkan beberapa daun kitolod untuk direbus, sebelumnya cuci bersih dulu daun kitolod lalu rebus dengan api sedang setelah airnya berubah warna saring air tesebut dan air tersebut bisa diminum untuk mengobati asma.


 Sebagai obat mata

TAnaman ini popular sebagai obat mata alami, Bunga Kitolod dipercaya masyarakat sebagai obat mata atau obat mata minus alami,  beberapa referensi menyebutkan bahwa bunga kitolod terbukti secara ilmiah mampu menyembuhkan mata iritasi. Adapaun caranya sebagai berikut:


Ambil beberapa bunga kitolod hingga kepangkal bunga, lalu rendam bunga dengan air bersih selama beberapa menit. Seterlah itu ambil bunga tersebut lalu teteskan air yang berada di tangkai bunga kitolod ke mata kita, mata akan terasa sangat perih dan sepat akan tetapi setelahnya akan terasa ringan dimata.


 

Bahaya Tanaman Kitolod


Tidak di sarankan sebagai obat utama

Walaupun tanaman Kitolod mempunyai kandungan yang baik untuk beberapa kesehatan, akan tetapi baiknya jika kita tidak menjadikan tanaman ini sebagai obat utama. Mimin menyarankan penggunaan obat dari TAnaman kitolod ini sebagai Obat alternative yang sesekali saja.


 Menyebabkan Iritasi

DAmpak iritasi  bisa terjadi jika kita meneteskan langsung dari bunga kitolod pada mata. Hal ini karena air dari bunga kitolod diperkirakan terkontaminasi oleh berbagai macam kotoran dan bakteri. Jika terlanjur baiknya langsung dibilas dengan air bersih.


 Mitos menyembuhkan Katarak

Akhir-akhir ini banyak beredar dikalangan masyarakat bahwa bunga dari tanaman kitolod ini mampu menyembuhkan Katarak, hal ii belum teruji klinis oleh pihak terkait. Dan setahu mimin Katarak hanya bisa di sembuhkan dengan cara di operasi saja.



Dihimpun dari berbagai sumber

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter