jenis ikan koi yang membawa keberuntungan menurut Feng Shui

Posting Komentar

 


Simbolisme ikan koi (diucapkan ikan coy) sangat umum dalam budaya Cina dan feng shui, digambarkan pada karya lukis, pakaian, tato, dan bahkan dengan ikan hidup yang digunakan dalam desain bangunan. Dengan mengetahui makna koi dan sejarahnya yang panjang, teman bisa lebih mudah memahami mengapa orang begitu menyukai ikan cantik ini.

Apa sih Ikan Koi itu?

Koi adalah kata Jepang untuk ikan mas, jenis ikan air tawar  ini berwarna cerah. Ikan yang umum di pelihara untuk kolom, termasuk untuk feng shui Cina. Ikan koi mempunyai berbagai macam warna dan memiliki corak makna simbolis dalam feng shui.

 

Makna Ikan Koi - Simbolisme Umum

 Ikan koi memiliki Banyak atribut yang melambangkan pelajaran dan bahkan cobaan yang sering dihadapi individu dalam perjalanan hidup. Ikan koi memiliki semangat hidup yang kuat dan lincah, hal itu ditunjukkan dari kemampuannya ketika berenang melawan arus dan ketika ikan koi ini  melakukan perjalanan ke hulu. Salah satu karakteristik yang berhubungan dengan ikan koi adalah :

 

             Nasib baik

             Kesuksesan

             Kemakmuran

             Umur panjang

             Keberanian

             Ambisi

             Kegigihan

 

Legenda dari Ikan Koi

Ada sebuah Legenda dari cina bahwa ikan koi berasal dari Gerbang Naga di mana seekor ikan koi berenang ke hulu, melalui air terjun dan rintangan demi mencapai puncak gunung tertinggi. Di puncak gunung itu terdapat "Gerbang Naga".  Legenda itu menceritakan ketika Ikan koi akhirnya berhasil  mencapai puncak, ia kemudian menjadi seekor naga, salah satu makhluk paling membawa keberutungan dalam budaya Tiongkok.


Makna dalam Warna Ikan Koi

Warna-warna yang terdapat pada ikan koi  juga ada hubungannya dengan simbolismenya. Warna tertentu dapat mewakili beberapa aspek atau hasil tertentu dalam hidup. Berikut ini beberapa warna dan mitos terkait warna ikan koi yang membawa keberuntungan :


Ikan Koi Merah Putih Kohaku

Ikan Koi yang satu ini memiliki tubuh berwarna putih dengan bintik-bintik merah. Warna Ini melambangkan kesuksesan dalam karir Anda.




Ikan Koi Hitam Kumonryu

Terdapat dua variasi utama dari Ikan koi kumonryu. Variasi pertama adalah Ikan koi kumoryu dengan tubuh putih dan bintik-bintik hitam, dan yang satunya adalah mempunyai keseluruhan tubuh berwarna hitam. Ikan Koi Kumonryu ini melambangkan perubahan dan transformasi hidup.




Ikan Koi Perak Ogon

Ikan Koi berwarna perak  solid ini melambangkan kesuksesan dalam bisnis dan kekayaan. BAgi para pebisnis dan pengusaha baik sekali bila mempunyai satu Ikan koi ogon di kolam nya.




Ikan Koi Kuchibeni Putih dan Merah

Koi bercorak putih dan merah ini sering dijuluki dengan ikan “lipstik”, Itu karena Ikan koi ini mempunyai warna merah di sekitar mulutnya membuatnya tampak seperti ikan yang memakai lipstik. Ikan  Koi Kuchibeni melambangkan cinta dan hubungan yang everlasting.




Ikan Koi Emas Yamabuki

Ikan Koi Yamabuki mempunyai warna emas di seluruh bagian tubuhnya , Koi yamabuki melambangkan kekayaan dan kemakmuran.




Ikan Koi Yin Yang

Dalam kitab feng shui cina, Ikan koi erat sekali dengan simbol yin yang. Faktanya, bentuk titik bulat mata hitam dan putih dari simbol yin dikatakan sebagai representasi dari dua koi, Koi jantan dan koi betina. Bentuk itu adalah simbol dari mata Ikan koi yang selalu waspada.

Ikan koi yin yang tidak selalu melambangkan symbol dari “yin yang” juga. Dapat juga melambangkan sepasang koi simbol keberuntungan untuk pernikahan yang bahagia.

 


Harmoni dan Kebahagiaan

Ikan Koi ini sangat identik akan harmoni dan kebahagiaan. Ikan Koi  yin dan yang melengkapi satu sama lain dan menciptakan suatu keseimbangan sempurna antara energi negatif dan positif dari energi chi, yang merupakan kekuatan kehidupan semua hal di bumi.


Perlambangan ikan koi dalam Feng Shui

Ikan Koi bisa direpresentasikan dalam desain interior dengan karya seni seperti lukisan, gambar, foto atau patung. Penempatannya dikatakan dapat  menarik kekayaan dan kemakmuran yang menguntungkan ke dalam rumah dan kehidupan kita.

 

Cara Menempatkan Ikan Koi dalam Desain Feng Shui

Ikan Koi dapat dimasukkan ke dalam rumah baik di kolam atau akuarium yang sangat besar. Jika Teman-teman akan memelihara ikan koi, pastikan teman-teman selalu memberikan energi keberuntungan caranya dengan menjaga air tetap bersih dan tersaring dengan baik dan dengan memastikan mereka memiliki ruang yang cukup untuk berenang dan tumbuh. Dan tetntunya memberikan makan yang teratur.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter