SOLUSI BURUNG MURAI BATU BUANG TELUR

Posting Komentar

burung murai batu buang telur


INDUKAN MURAI BATU BUANG ANAK DAN MAKAN TELUR


Dalam penangkaran burung pastinya semua berharap burung yang ditangkarkan lancar melalui proses-proses Penjodohan burung murai, Kawin, Susun sarang, Bertelur, ngeram, Menetas & Meloloh anakan.


Tapi terkadang harapan tidak sesuai dengan kenyataan dikandang tangkar kita, Kita harus bisa memahami teknis-teknis yang terjadi di penangkaran kita.


Semisal  BURUNG INDUK MAKAN TELUR ini bisa terjadi dikarenakan beberapa sebab, yang antara lainnya : 


KEKURANG LENGKAPAN ASUPAN NUTRISI.


Burung mempunyai riwayat pemberian nutrisi extrafooding kurang lengkap pada perawatan harian sebelumya, kemungkinan penyebabnya dikarenakan naluri burung akan mencari asupan sumber nutrisi yang ada di kandang tangkarnya, Biasanya kebiasaan seperti ini terbawa saat awal-awal produksi.


 Ketika Indukan melihat telur nalurinya mencari asupan nutrisi untuk melengkapi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan burung akan indukan tersebut akan memakanya.


Kwalitas kulit telur yang tipis juga bisa berakibat tidak lengkapnya Nutrisi yang kita berikan,yang menyebabkan telur mudah retak. Naluri indukan telur akan dibuang dan di makanya karena telur yang bocor bisa mencemari sarang. 


Perilaku seperti ini lumrah terjadi pada Indukan jantan juga betina


Solusinya :

Perbaiki asupan nutrisi pada indukan,selain pakan harian yang diberikan ( Voer, buah & serangga bagi burung pemakan buah  atau 2 - 3 jenis serangga bagi burung pemakan serangga atau hanya sedikit jenis bijian bagi burung pemakan biji )


TERDAPAT GANGGUAN 


Gangguan dari dalam tubuh burung


Karena tingginya libido birahi pada burung jantan hasrat untuk kawin, maka baiknya burung jantan akan memakan telur. Hal itu agar betina tidak mengeram sehingga dalam waktu dekat sudah mau dikawin kembali.


Solusinya :

Pisah burung jantan ketika sudah bertelur atau H - 1 sebelum betina bertelur atau bisa juga dengan tehnik poligami ( dikawinkan dengan betina lainya )


Gangguan dari luar kandang tangkar 


Terdapat gangguan dari burung baru, Suara-suara yang mengganggu  ataupun predator bisa saja menimbulkan tindakan burung membuang telur karena marah atau naluri burung bertahan hidup di alam agar pada saat malam burung betina mengeram tidak di mangsa oleh predator.


Solusinya :

Hindari hal-hal yang menyebabkan potensi gangguan diatas saat burung sedang bertelur - loloh anakan. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan kalsiumnya 


Itu tadi sekelumit saran dan tips menangkar saya di kandang tangkar saya.

Terimakasih semoga bermanfaat.


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter