Cara mempercepat proses mabung / molting burung

Posting Komentar

 



Proses molting atau mabung pada burung adalah proses alamiah yang terjadi pada setiap unggas. Proses ini terjadi dikarenakan bulu sudah mengalami keausan atau pun bulu sudah tua, tanda burung Ketika akan molting atau mabung bisa dilihat dari penampilan mereka. Bulu lebih kusam dan bentuk bulu yang mongkrok.yuk mari kita kenali mengapa proses ini penting dan vital bagi biologis burung.

Apa itu Molting/ mabung ?

Molting adalah proses pergantian bulu yang sudah tua dan usang untuk menggantikannya dengan bulu yang segar. Proses ini mungkin bisa hanya Sebagian dan mengganti beberapa bulu saja atau bisa sekaligus mengganti semua bulu burung.

Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan molting / mabung tentunya bervariasi pada setiap burung, ada yang hanya beberapa minggu dan ada yang sampai tahunan. Beberapa spesies burung hanya molting / mabung sekali dalam setahun, ada juga yang beberapakali dalam setahun , semua tergantung dari kondisi burung tersebut.

Apakah boleh memandikan burung Ketika molting / mabung ?

Sewaktu molting / mabung baiknya burung tidak dimandikan, hal ini untuk menghindari dari lamanya proses molting / mabung ini. Ketika burung dimandikan akan membuat bulu semakin lembab yang membuat proses molting / mabung sedikit lebih lama. Sediakan saja cepuk minum Ketika burung ingin mandi biarkan mandi di cepuk kecil minumnya.

Cara mempercepat proses molting / mabung

Kurangi asupan makanan yang berprotein tinggi

Mengurangi asupan makanan seperti jangkrik dan hewani guna membuat drop burung yang akan membuat bulu cepat rontok, pemberian pakan hewani berlebih pada kondisi molting / mabung sangat tidak disarankan karena akan membuat burung lama proses molting / mabung nya.

Krodong sangkar

Baiknya burung dikondisikan ditempat tenang Ketika proses molten / mabung berjalan. Pengkrodongan dimaksudkan untuk membuat aktivitas burung tenang dan tidak terganggu oleh kondisi luar yang dapat memacu birahi burung. Buka sedikit krodong dan tempatkan pada lingkungan yang baik sirkulasi udaranya. Dan jangan lupa kebersihan sangkar burung dari kotoran .

Pemberian ulat hongkong

Memberikan ulat hongkong secara masiv pada burung kita bisa membantu burung cepat rontok bulu, berikan 2 hari sekali pada burung yang dalam proses molting / mabung.

Pemberian daun pandan dan kulit jeruk

Proses pengkrodongan burung tentunya akan membuat pengap dalam sangkar, pemberian daun pandan dan kulit dimaksudkan sebagai aroma terapi yang membuat rileks burung. Proses ini pula membuat burung cepat merontokkan bulu-bulunya.

Pemberian Susu bubuk

Cara yang satu ini bisa dicoba sesekali, karena bisa sedikit mempercepat proses moting/ mabung burung kesayangan kita.

Mandi semprot air kelapa

Cara extreme ini hanya untuk yang sulit mabung atau yang ingin segera merontokkan bulu burung. Karena pastinya harus extra hati-hati dalam prakteknya.

Obat percepat molting / mabung

Pemberian obat untuk mempercepat proses mabung lumrah-lumrah saja, tentunya pasti dengan berbagai efek samping yang perlu kita pikirkan juga.

Krodong Sauna

Perawatan agar mempercepat molting / mabung yang satu ini sering dijumpai, efeknya membuat panas kondisi didalam sangkar yang mendorong burung agar mempercepat rontoknya bulu burung.

 

Setelah bulu-bulu rontok dan mulai tumbuh bulu jarum dan dorong ekor barulah saat ini kita berikan asupan extrafooding yang lengkap. Berikan jangkrik sebagai stamina burung dan di selingi kroto segar agar bulu burung kinclong dan mulus. Pemberian cacing Anc juga sangat bagus untuk tubuh burung yang telah menjalani proses mabung / molting.

sumber foto : pixabay.com

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter