Tips menyiapkan murai betina dari trotol

Posting Komentar


                                    Sumberfoto : Facebook

Menyiapkan burung betina untuk ternak    

Pada sebagian besar burung betina, hanya terdapat ovarium kiri. Ovarium menghasilkan sel telur yang tidak bercangkang yang kemudian dapat dibuahi oleh sperma yang disimpan. Telur yang baru dibuahi kemudian berjalan melalui betina, melewati beberapa kelenjar yang menambahkan cairan putih telur (albumin) dan lapisan bahan cangkang di atas telur. 

Telur yang sudah dikupas kemudian dikeluarkan melalui kloaka dan disimpan di sarang.

    Burung betina menerima perhatian jantan hanya pada waktu-waktu tertentu dalam setahun dan dalam kondisi tertentu (seperti adanya kotak sarang yang memadai). Tanyakan kepada dokter hewan Anda tentang siklus perkembangbiakan untuk spesies burung Anda. 

Juga, burung betina bisa sangat pemilih tentang pasangannya; Anda mungkin menemukan bahwa perlu beberapa kali percobaan dan paparan terhadap pejantan yang berbeda, agar betina Anda berhasil kawin.

 Faktor-faktor seperti umur, lingkungan, siklus cahaya, keberadaan kotak sarang yang sesuai, jenis makanan yang tersedia, sosialisasi, keberadaan burung lain, dan ada tidaknya predator potensial (misalnya, anjing) semuanya akan mempengaruhi apakah burung akan kawin.

Waktu antara kawin hingga bertelur yang telah dibuahi dan lamanya inkubasi telur juga bervariasi antar spesies. Dokter hewan unggas Anda dapat memberikan perkiraan yang akurat untuk burung Anda.  

  Pemilihan indukan betina tidak harus mencari dari yang sudah siapan, kita juga bisa mencari betina dari trotol karena harganya lebih terjangkau.

    Berikan Extrafooding yang lengkap pada calon indukan betina yang masih trotol.Setelah menginjak masa ganti bulu(molting) tambahkan asupan vitamin agar burung setelah selesai mabung kembali fit.

    Naikkan porsi extrafooding pada waktu penjodohan bisa di tambah dengan pemberian vitamin peningkat birahi dan mandi jemur yang teratur. Jika betina terlihat ngleper/ membuka sayap sambil jentit itu tanda beti sudah siap untuk di jodohkan, tentunya dengan persiapan terlebih dahulu.


Terimakasih telah membaca



Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter