Ciri-ciri dan Pencegahan, Penanganan Egg Binding

Posting Komentar


 


    Eggbinding merupakan kejadian dimana telur tidak bisa keluar dengan lancar dari kloaka hal ini wajar saja terjadi dan dapat di tanggulangi. Ada banyak alasan untuk pengikatan telur. Banyak burung yang diberi makanan dengan nutrisi yang tidak seimbang, seperti biji-bijian yang kekurangan banyak vitamin dan mineral, terutama kalsium, vitamin D dan E, dan selenium.

Vitamin dan mineral ini diperlukan, tidak hanya untuk pembentukan cangkang telur, tetapi juga untuk kontraksi saluran telur dan otot rahim yang tepat; kontraksi otot yang tidak tepat dapat mengakibatkan kegagalan untuk mengeluarkan sel telur. 

Telur bercangkang lunak atau tanpa cangkang dan kelainan bentuk telur lainnya akibat kadar kalsium makanan yang tidak tepat, juga dapat menimbulkan masalah. Obesitas (dari diet tinggi lemak, semua biji-bijian atau kurang olahraga), faktor keturunan, usia tua, dan lingkungan bertelur yang tidak tepat adalah penyebab potensial lain dari pengikatan telur.

Ciri-ciri eggbinding

Seekor burung bertelur wajib melewati telur dalam waktu 24- 48 jam. Berapa banyak telur yang dihasilkan seekor burung bergantung pada spesies, usia, serta kesehatan burung tersebut. Burung dengan pengikatan telur bisa jadi ataupun bisa jadi tidak menghasilkan telur lebih dari 2 hari yang kemudian, umumnya lemah, tidak bertengger, kerap duduk rendah di tempat bertengger ataupun di bawah kandang, serta mengejan semacam mau buang air besar ataupun bertelur.

 Kadang- kadang telur hendak menonjol keluar dari lubang( di mana mereka buang air besar) ataupun bisa jadi tertahan di saluran telur ataupun kloaka( ruang universal yang mengumpulkan saluran reproduksi, saluran kencing, serta saluran pencernaan) yang setelah itu prolaps lewat lubang tersebut. Bila telur memencet saraf yang mengendalikan kaki, burung bisa jadi tidak bisa berdiri. Sebab isyarat yang terpaut dengan pengikatan telur pula nampak pada unggas yang sakit dengan pemicu penyakit yang lain


Pencegahan Eggbinding

Burung dengan pola makan yang buruk, seperti biji-bijian, harus diubah pola makannya menjadi pola makan pelet yang lengkap nutrisinya, sesuai dengan petunjuk khusus dari dokter hewan Anda. Kalsium, fosfor, dan suplemen vitamin dan mineral mungkin direkomendasikan. Burung yang gemuk harus didorong (melalui perubahan pola makan dan peningkatan olahraga) untuk menurunkan berat badan. Burung yang bertelur menahun biasanya diobati dengan terapi obat hormonal untuk menghentikan bertelur sementara waktu agar tubuhnya bisa pulih kembali.

 Histerektomi (pengangkatan saluran telur dan rahim) biasanya merupakan terapi pilihan terakhir ketika ekstraksi medis dan telur melalui lubang tidak memungkinkan. Operasi ini melibatkan risiko yang mengancam jiwa burung.

    Salah satu kelebihan cacing Anc adalah mengurangi kemungkinan terjadinya Eggbinding sebagai peternak kita wajib mengetahui cara penanganan Eggbinding.Hal yang perlu di lakukan adalah urut kloaka(dubur)dengan ditetesi minyak sayur/minyak goreng. Urut dengan perlahan sampai telur keluar.

    Setelah penanganan tersebut baiknya kita taruh induk betina sangkar gantung dahulu. Tujuannya adalah memulihkan energi dan mengistirahatkan sejenak induk betina kita. Berikan Antibiotik (bisa marvel aid) dan vitamin penyubur, agar proses recovery berjalan dengan cepat dan lancar.


Tulis di kolom komentar bila ada yang di tanyakan seputar Eggbinding.

Terima kasih Semoga membantu..


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter