Kriteria murai batu siap di jodohkan

Posting Komentar

 


  TAHAPAN PENJODOHAN MURAI BATU

                                     


 

Bagi para penghobi kicau penjodohan murai sampai sekarang masih menjadi misteri. Ada yg cepat langsung jodoh ada yg berbulan-bulan baru jodoh. Tidak sedikit dari teman-teman kicau yang beli sudah produk dari peternak asal, sampai rumah dimasukkan ke kandang tangkar malah jantan hajar betina dan problem-problem lainnya. Berikut ini mimin kasih kriteria - kriteria burung murai batu yang layak / siap di tangkarkan .


Kriteria burung Murai Batu siap di jodohkan : 

1. Burung jantan sudah umur 1,5 th ( tapi ada juga 1 tahun sudah bisa dijodohkan)

2. Burung Jantan sudah gacor

3. Burung tidak dalam kondisi mabung / bulu tua

4. Betina umur ± 8 bln

5. Burung Murai tidak cacat (karena akan mempengaruhi kualitas anakannya nanti)


Dari Kriteria di atas bisa kita simpulkan bahwa baiknya memilih indukan yang sudah berusia dewasa atau sekitar umur 1 tahun lebih. Jika kita memilih materi indukan untuk kita jodohkan di usia terlalu muda di takutkan masa produksi akan berlangsung lama, Pilih indukan dari trah yang jelas mengapa demikian? di karenakan jika kita asal beli dari pasar burung kita tidak tahu dari jenis murai batu mana berasal dan telah di silangkan dengan murai jenis lainnya atau tidak.

Semoga pengalaman kami dalam breeding murai batu bisa memberikan pandangan baru cara menjodohkan murai batu bagi teman-teman sekalian, Mohon maaf Bila ada kurang nya. 

Terima kasih 



Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter